Peluang Usaha Budidaya Ternak Kroto, Cara Ternak Kroto Yang Baik dan Benar


Peluang Usaha Budidaya Ternak Kroto, Cara Ternak Kroto Yang Baik dan Benar – Apakah kalian pernah mendengar sebutan Kroto? Para pencita burung pasti sudah tidak asing lagi mendengar sebutan kroto karena kroto merupakan makanan kesukaan pada burung.

Peluang Usaha Budidaya Ternak Kroto


Kroto atau yang lebih dikenal dengan semut rangrang belakangan ini semakin banyak di buru atau dicari, Hal ini karena para pencinta burung semakin banyak di indonesia dan membutuhkan kroto sebagai bahan pangan bagi burung-burung mereka.

Bisa dibayangkan kalau kita jual Kroto ternyata harganya bisa Rp 150 ribu – Rp 200 ribu per kgnya? Bagaimana kalau kita bisa menghasilkan puluhan/ratusan kilogram? Lebih mengagetkanya lagi kroto ini ternyata perawatanya lebih murah dari pada ternak bebek atau ikan, hanya saja tidak semua orang berhasil mengembangkan usaha budidaya ternak kroto.

Kroto merupakan bahan pangan bagi burung dan ikan, biasanya bibitnya diambil dari alam sehingga pasokannya sangat langka, makanya itu kalau dijadikan untuk lahan bisnis akan sangat menjanjikan karena permintaan yang selalu naik.

BACA JUGA : Cara Mudah Menjadi Penulis Babe, Dibayar Jutaan Rupiah Menjadi Penulis Di Babe

Apakah semudah itu? Tentu saja tidak! Faktanya ternak semut untuk menghasilkan kroto jauh lebih sulit dari ternah mana pun, dengan menggabungkan koloni, lingkungan yang tidak mendukung, semut tidak produktif, belum lagi digigit saat masa panen.


Cara Usaha Budidaya Kroto Toples

Berternak semut rangrang untuk menghasilkan sebuah kroto memang gampang-gampang sulit, disebabkan faktor kelembapan udara, intensitas cahaya juga harus dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya, karena kalau tidak kroto akan stress dan ngambek sehingga tidak mau bertelur, akibatnya hasil panen akan jauh dari yang kita harapan.


BACA JUGA : 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Ratusan Juta Nyaris Tanpa Modal

1. Mempelajari Karakter Semut

Semut/rangrang sangat menyukai makanan yang mempunyai protein yang tinggi seperti kumbang madu, Saat kalian sedang membuka usaha budidaya ternak kroto tidak perlu repot-repot mencari kumbang, Cukup buatkan air gula sesekali.


2. Menyatukan Koloni

Cara ini adalah bagian paling sulit karena pada dasarnya semut hidup berkoloni, kalau kalian mencampurkannya langsung sudah dipastikan nanti semut-semut akan saling berkelahi dan ujung-ujungnya akan mati.

Cara menyatukan koloni yang benar :


  • Dalam hal ini kalian harus menyiapkan rak 2  tingkat.
  • Setelah itu, tinggal ambil semut di alam dan masukkan semua koloni ke dalam karung.
  • Sesampainya dirumah, buka ikatan dan kebaskan bagian atas sambil menggulung bagian atas supaya lebih pendek. Tujuanya agar nantu lebih mudah saat menumpahkan semutnya.
  • Selanjutnya ketuk karung tersebut dan semut mulai panik, lalu tumoahkan semut ke bagian rak atas.
  • Setelah itu, gedor lagi rak tempat anda menumpahkan semut seupaya semut yang lama juga ikutan panik.
  • Cara ini sangat efektif untuk mengurangin perkelahian antar koloni, misal kalian melihat mereka berkelahi, cukup tiup saja sampai bubar atau bisa menggunakan semprotan.
  • Selanjutnya biarkan saja koloni ini bersatu selama satu hari, baru buka sarang kroto keesokan harinya.
BACA JUGA : Cara Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Android


3. Memindahkan Calon Ratu

Tidak hanya lebah yang mempunyai ratu, semut pun juga punya, cirinya bisa dilihat dari bentuk badan yang besar, bersayap dan sering berjalan sendiri.

Ratu ini boleh dikarantina dan dipisahkan dengan koloninnya.

Jangan lupa berikan ratu beberapa teman semisal satu sendok agar tidak dibantai, jika selama 1 bulan masih akrab tambahkan lagi 1 sendok, kalau sekitar 6 bulan ratu ini mulai bertelur.

Warna telurnya mirip mentega, kalau kalian sudah bisa pintar merawat ratu, kemungkinan besar nanti akan gampang untuk masalah yang lainnya.

Cara Mencari Bibit Semut Rangrang

Bantak orang mencari bibit semut rangrang langsung dari alam, bila anda mencarinya dialam setidaknya ada 10 lebih sarang yang dikoleksi, Harapannya supaya pembentukan koloni sukses, ingat tidak semua bibit kroto menghasilkan kroto.

Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang menjual bibitnya dari pada krotonya, karena lebih mudah kecuali anda membeli bibit 300 toples, kemungkinan besar kalian bisa panen menghasilkan kroto yang cukup banyak untuk tahap awal usaha budidaya ternah kroto.

Yang jelas hal-hal dasar diatas tidak cukup, kalian cukup ketahui tentang caltu, pejantan, jumlah ratunya dan cara berkembangbiaknya untuk sukses dibidang ini.

Meskipun terlihatnya cukup mudah tetapi dengan usaha ternak kroto ini sangat memerlukan kesabaran yang cukup tinggi.

Analisis Biaya Usaha Budidaya Kroto

Untuk memulai usaha budidaya ternak kroto diawal tidak terlalu sulit, karena anda hanya perlu mempersiapkan sekitar 300 toples ukuran mini sebagai media sarang semut rangrang tersebut, prosesnya budidaya kroto ini diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 6 bulan.

Berikut Analisi Usaha Budidaya Ternak Kroto yang dapat kalian pelajari.

Asumsi


  • Selama 60 hari pertama, kita akan fokus pada pengembangbiakan koloni semut rangrang, dimulai dari 300 toples sarang semut, akan bertambah menjadi 1100 toples, ini yang dilakukan bertujuan untuk produktivitas panen yang ideal setiap harinya.
  • Proses panen hanya dilakukan pada 800 top;es, sedangkan sisanya untuk proses perkembangbiakan, dengan begitu jumlah koloni semut akan tetap bertahan dan produksi kroto akan terjaga.
  • Dalam kurun sekitar 20 hari diperkirakan akan menghasilkan 0,25 ons Kroto, dan dibutuhkan 40 toples untuk mendapatkan 1 kg Kroto. Diharapkan kalian bisa memanen 1 kg Kroto per harinya.
  • Diperkirakan masa panen setelah 6 bulan, dikurangi masa untuk membuat koloni yang baru selama 2 bulan makan masa panen setelah 120 hari waktu produktivitas panen, jadi diperkirakan akan panen sekitar 120 kg kroto.
  • Harga jual Kroto adalah Rp 150.000 – Rp 200.000 per kg.


Estimasi Pengeluaran Dalam Budidaya Ternak Kroto

KeteranganJumlahBiaya
Biaya pembuatan kandang Kroto ( rak kayu )5 x @ 250.0001.250.000,-
Biaya pembelian bibit / toples300 x @ 30.0009.000.000,-
Toples pembibitan600 x @ 3.000600.000,-
Biaya perlengkapan, tempat pakan,  dan lainnya100.000,-
Biaya pakan (gula, ikan asin, ulat, konsentrat)/bulan6 x @ 250.0001.500.000,-
Total pengeluaran12.450.000,-

Biaya ini adalah untuk biaya awal untuk budidaya kroto pada awal usaha, untuk selanjutnya anda hanya mengeluarkan biaya untuk pemberian pakan ternak yaitu sekitar Rp 250.00 rupiah, sementara untuk bibir kroto anda sudah bisa menghasilkan sendiri.


BACA JUGA : CARA MENDAPATKAN PENGHASILAN TETAP DI ADFLY

Keuntungan Usaha Budidaya Kroto Toples

Keuntungan ini dapat dari total penjualan dikurangi dengan biaya awal usaha budidaya ternak kroto selama kurang lebih 120 hari, Berikut ini adalah perhitungan keuntungannya:


  • Keuntungan = Penerimaan (6 bulan atau 120 hari) – total pengeluaran
  • Keuntungan = (120 kg x 2oorb) = 24.000.000 – 12.450.000 = Rp. 11.550.000,-


Kalau diperhatikan pada enam bulan pertama memang hasilnya tidak cukup besar namun modal anda sudah tertutupi bahkan keuntunganya mencapai Rp. 11.550.000 nah dibulan-bulan berikutnya anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari usaha budidaya kroto ini.

Bila kalian bisa menjual 1 kg Kroto perhari atau sekitar Rp 200.000,- maka keuntungan yang kalian dapatkan perbulan adalah (Rp 250.000,- x 30 hari) – biaya pakan Rp 250.000 = Rp.5.750.000,- angka ini tentunya bisa terus bertambah sesuai dengan jumlah konsumen yang kalian dapatkan.


BACA JUGA : TUTORIAL INTERNET MARKETING

Akhir Kata

Nah itu dia Cara Budidaya Ternak Kroto Toples, dengan kita niat untuk bisa menjadi perternak kroto maka kita akan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar asalkan kita  terus berdoa, niat dan usaha maka hasil akan mengikuti dengan sendirinya.

Terimakasih Selamat Mencoba, apabila kalian suka dengan artikel ini kalian bisa share ke teman-teman kalian dan jangan lupa tinggalkan komentar ya apabila ada yang ingin ditanyakan :)


Peluang Usaha Budidaya Ternak Kroto, Cara Ternak Kroto Yang Baik dan Benar Peluang Usaha Budidaya Ternak Kroto, Cara Ternak Kroto Yang Baik dan Benar Reviewed by Ilfat Bariki on 8/27/2017 Rating: 5

12 komentar:

  1. Cukup menggiurkan ya mas. Tapi harus punya skill

    BalasHapus
  2. ternyata semut rangrang bisa menghasilkan uang ya...

    BalasHapus
  3. Cocok nih buat yg lagi nganggur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya betul cocok sekali buat yg lagi nganggur

      Hapus
  4. Wah butuh kesabaran tingkat master ya tapi kalo panen banyak bisa kaya hihi

    BalasHapus
  5. di deket rumah banyak ni semut bisa menghasilkan jg ya

    BalasHapus
  6. wah semut ternyata bisa diternak

    BalasHapus

Seputar Coding

[Coding]

Breaking News

[Breaking News]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]
Diberdayakan oleh Blogger.