Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan Seo Frendly


Cara Menulis Artikel Yang Berkualiatas dan Seo Friendly -  Menulis artikel merupakan salah satu aktivitas khusunya untuk para blooger atau penulis artikel, banyak para blooger yang tahu cara menulis artikel secara teratur tetapi tidak banyak yang tau cara menulis artikel Seo Frindly dan berkualiatas.

Nih yang belum mengetahui apasih Artikel itu?


Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan Seo Frendly

Pengertian Artikel – Artikel adalah suatu sebuah karangan atau ketikan secara lengkap dan panjang yang bertujuan untuk memberikan sebuah informasi dari tulisan kepada pembaca.

Untuk Update algoritma Google yang terbaru, artikel website/ blog yang berkualiatas tidak hanya bagus untuk mesin pencari, tetapi juga bagus untuk para pembaca artikel kalian (human).

Jadi buatlah artikel yang berkualitas dan Seo friendly agar pengunjung betah dan senang berada di blog kalian khusunya untuk membaca artikel kalian.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang berkualiatas dan Seo friedly di internet, tetapi tidak semuanya bisa diterapkan dengan baik bahka ada beberapa yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma di mesin pencari terkini, utamanya yaitu Google.

Manfaat menulis artikel selain kegiatan menyenangkan di dunia bloging, yaitu bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi si penulis tersebut, dan menulis artikel juga bisa mendapatkan peluang bagi para blooger untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

Lalu tujuan menulis artikel itu sebenernya untuk bisa membuat pembaca menjadi tau apa manfaat dari tulisan itu, selain itu kita harus pintar-pintar dalam mengelola SEO agar artikel kita bisa berada di halaman pertama google, caranya bagaimana agar artikel kita bisa berada di page 1 google, selengkapnya bisa baca "Cara Agar Artikel Berada di Halaman Pertama Google"

Nah kali ini laptopsiipat akan memberikan tips cara menulis artikel yang berkualitas dan seo friendly, selengkapnya simak berikut ini.

BACA JUGA : Cara Optimasi Seo Onpage Pada Blog Yang Benar

Cara Membuat Arikel yang Berkualiatas dan Seo Friendly

1. Tentukan Topik Artikel yang Ingin Kalian Bahas

Jadi pertama kalian harus tentukan dulu apa topik yang akan kalian bahas dan tulis, jadi mencari topik pada pembahasan artikel blog kalian memang sangat penting tetapi kadang kalian merasa binggung dan kesulitan untuk memilih topik blog yang akan kalian tentukan pada artikel blog.

Jadi hal ini sangat penting untuk bisa membuat artikel yang berkualiatas dan seo friendly, untuk kalian binggung untuk menentukan topik pada artikel blog kalian bisa simak berikut ini.

BACA JUGA : Cara Otomatis Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog


Cara Menentukan Topik Artikel 

A. Menulis Tentang Apa Saja yang Kalian Kuasai dan Ketahui

Contohnya gini misalkan kalian mempunyai kemampuan dalam bisnis online, nah jadi disitu kalian bisa memanfaatkan untuk membuat artikel seputar bisnis online, dan disitu kalian jelaskan apa itu bisnis online dan jelaskan secara lengkap agar pembaca menjadi senang  setelah membaca artikel kalian.


B. Menceritakan Peristiwa dan Pengalaman Kalian

Kalian bisa menentukan topik artikel dari kalian menceritakan peristiwa dan pengalaman kalian, contoh nya gini kalian mempunyai pengalaman nih pernah bekerja di google, nah disitu kalian bisa menentukan topik yang akan kalian tulis untuk bisa dijadikan sebuah artikel yang berkualitas tentang apa saja kegiatan kerja di google dan kalian akan jelaskan secara lengkap.

C. Menceritakan Kisah Diri Kalian

Untuk menentukan topik artikel kalian bisa memenafaatkan dengan menceritakan kisah diri kalian, pasti semua orang mempunyai kisah dari dalam dirinya, untuk itu kalian bisa menjadikan sebuah topik yang akan kalian tulis dan bahas.

Jadi buatlah artikel sebanyak-banyaknya tentang berbagai kisah diri kalian yang benar-benar terjadi dan buatlah artikel yang berkualitas dan seo friendly agar pembaca juga bisa datang dari mesin pencari (google) untuk bisa membaca kisah diri kalian.

BACA JUGA : Cara Pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag Yang Benar


2. Gunakan Judul Yang Menarik dan Mengundang Klik

Nah cara menulis artikel yang berkualitas yaitu dengan kalian menentukan judul yang menarik sehingga pembaca tertarik atau penasaran ingin membaca artikel kalian.

Nah cara ini bisa membuat artikel kalian menjadi SEO dan bisa mengundang banyak klik ditambah lagi kalian bisa membuat artikel yang memang benar-benar bermanfaat kepada pembaca.

Banyak yang kesulitan dalam membuat judul karena jika dibuat sesuai keyword yang targetkan, akan tampak tidak enak atau kaku ketika ingin dibaca, namun jika dibuat judul yang menarik dan mengundang klik, justu keyword yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah di atas bisa diatas, saya ada solusi.

Jadi untuk bagi kalian pengguna wordpress, gunakan plugin All in One Seo Pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel kalian, jadi jika kalian punya 2 judul untuk 1 postingan yaitu 1 judul buat menargetkan keyword di search engine dan 1 nya lagi buat pembaca (user).

Jadi contohnya gini, kalian punya judul artikel kaya gini : Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Hingga Puluhan Juta Perbulan.

  • 1 Judul buat Keyword: Cara Mendapatkan Uang Dari Blog
  • 1 Judul buat pembaca User : Hingga Puluhan Juta Perbulan

Jadi disitu kalian bisa menyatukan judul menjadi : Cara Mendapatkan Uang dari Blog Hingga Puluhan Juta Perbulan.

Jadi menarik bukan judulnya? Sehingga pembaca juga tertarik ingin membaca artikel kalian, dan bisa membuat artikel kalian menjadi seo friendly.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine di sarankan jangan melebihi 60 huruf, agar tidak terpotong di mesin pencari.

Untuk update terbaru, sekarang Google membatasi Title Tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung dari penggunaan huruf besar kecilnya, spasi, tanda baca dsb.

Dan di usahakan juga judul untuk search engine ini tetap enak dibaca dan menarik karena nantinya pengunjung dari search engine juga pasti akan membaca judul dan deskripsi artikel yang kalian buat.

Contohnya gini ada kasus yaitu ada sebuah blog yang membuat judul kaku dan tidak enak dibaca tetapi selalu berada page1 atau halaman 1 di google, pasti kalian akan berfikir “ini blog di page one tapi kok jarang yang ngeklik ya, ini pasti tulisannya juga tidak berkualiats”.

Nah makanya untuk itu buatlah judul yang menarik dan enak dibaca, dan buatlah artikel isinya yang benar-benar berkualiatas dan bermanfaat.

BACA JUGA : Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog Atau Website Dengan Simple


3. Tulis Artikel Yang Panjang

Jadi dalam membuat artikel yang bagus yaitu dengan membuat artikel yang panjang dan mempunyai banyak manfaat.

Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkat di search engine.

Pendapat ini bisa di bilang benar, bisa juga dibilang salah karena tergantung dari penulis artikelnya.

Jadi gini kalau kalian mempunyai artikel yang panjang tetapi tidak ada manfaatnya dan hanya membuat pembaca menjadi binggung, nah hal ini juga bisa menjadi dampak artikel kalian kalah dalam saingan di search engine.

Nah lebih bagusnya untuk itu buatlah artikel yang panjang dan berikan artikel yang bermanfaat dan banyak poin-poin penting sehingga membuat pembaca menjadi lebih mengetahui apa isi artikelnya dan tujuan dia untuk membaca artikel kalian yaitu agar mendapatkan informasi yang bermanfaat, nah hal ini juga bisa menaikan peringkat di search engine.

Nah sekarang sudah tau kan kenapa tadi saya bilang bisa dibilang benar dan bisa dibilang salah karena sekarang tergantung kepada penulisnya.

Dalam analisa backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di google, baru-baru ini mendapati bawasanya rata-rata panjang artikel yang berada di halaman 1 SERP adalah 1.890 Kata.

foto : cara menulis artikel berkualiatas


4. Gunakan Internal Link

Apasih internal link itu? Jadi internal link itu adalah suatu link antar halaman dalam satu blog/website, jadi isitilah nya gini kalian punya artikel yang bercabang kalian bisa menembahkan link kalian dalam artikel tersebut.

Jadi berapa sih jumlah idel dalam internal link per postnya?

Jadi ini tergantung kepada penuis blog/websitenya, jika kalian merasa 10 internal link per post tidak menganggu pembaca maka silahkan saja.

Sebagai contoh liat Situs Wikipedia berapa internal link yang digunakan? Banyak kan

Terus apakan mereka di pinalty Google? Tidak

Karena hal ini jadi menambah wawasan lebih dalam kepada pembaca, selain itu bisa memperkuat rangking di halaman SERP dalam sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapatkan sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut dan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapatkan link dari halaman tersebut atau biasa disebut dengan linkjuice.

BACA JUGA : Cara Membuat dan Membangun Backlink Berkualitas Untuk Blog
foto : internal link
Sumber 


5. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density

Jadi apasih itu keyward density? Keyward Density adalah suatu intensitas tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Jadi berapa sih keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO Friendly?

Jika dulu sebelum adanya Google Panda banyak yang menyarankan keyword density yaitu sekitar 3% - 5% saja, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu memikirkan soal itu. Karena keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sekarang sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualiatas dari sebuah artikel.

Dan kalian juga harus berhati-hati jika presentase keyword density yang terlalu banyak, karena itu bisa berdampak buruk (keyword stuffing).

foto : keyword density
Sumber : rohadright

Jadi untuk itu buatlah artikel yang bagus dan berkualiatas, serta membahas topik secara mendalam maka nantinya keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

BACA JUGA : Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Hingga Puluhan Juta Perbulan

6. Gunakan Latest Semantic Indexing (LSI) Keywords

Jadi apasih itu Latest Semantic Indexing? Jadi LSI itu istilah dalam SEO untuk keyword yang terkait atau sinonim, apabila kalian masih binggung mengenai LSI  bisa simak DISINI untuk penjelasannya.

Contohnya gini kalian sedang menulis tips cara medapatkan uang dari internet, maka kalian bisa menambahkan istilah-istilah seperti blog, internet, backlink, google, atau tutorial dan isitilah-istilah lain yang relavan dan sama dengan artikel yang kalian buat, tentunya dengan tetap mengutamakan tulisan yang berkualiatas.

Contoh lagi jika kalian menargetkan keyward “baju muslim”, maka kalian lebih bagus jika kalian bisa memasukkan kata-kata seperti buju gamis, busana muslim, abaya atau hijab kedalam tulisan kalian, dan kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti toko online, belana, fashion islam, dll.

foto : apa itu LSI


Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur seperti SEO Pressor misalnya.

BACA JUGA : Daftar Niche Blog Dengan Bayaran Tinggi Adsense

7. Gunakan Penggunaan Bold, Italic, dan Underline Sewajarnya

Jadi hal ini merupakan salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan, jadi dalam menggunakan tanda bold, italic, dan underline fungsinya untuk membantu search engine mengenai kata-kata penting di dalam artikel kalian.

Tapi dalam praktekknya banyak yang menggunakan secara berlebihan dan hanya mengaplikasikannya pada keyword-keyword yang dibidik saja.

Mungki memang itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dalam segi pengguna atau pembaca sangat buruk karena dengan menggunakan tanda bold, italic, undeline berlebihan akan bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena dianggap tulisan yang dibaca kelihatan tidak professional.

Jadi untuk itu gunakan Bold, Italic, dan Undeline sewajarnya saja.

Kalaupun untum memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja, dan untuk italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atu catatan yang dianggap penting.

BACA JUGA : 6 Niche Blog Yang Paling Banyak Dicari Pengunjung

8. Gunakan Elemen h1,h2 dan h3

Jadi Elemen Heading h1,h2 dam h3 digunakan untuk menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

Dalam theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk judul website (Homepage), h2 untuk judul postingan dan h3 untuk elemen-elemen website seperti related post dan widget di sidebar.

Untuk sturuktur theme default dengan h1 di homepage lebih cocok untuk website-website dengan niche khusus (microniche) karena keyword utama terletak berada di homepage, namun themen jenis ini kurang disukai karena dianggap tidak dinamis seperti theme-theme premium yang banyak dijual dipasaran.

Jadi ketika kalian membuat artikel untuk keperluan SEO, pastikan h1 kalian adalah judul postingan, dan untuk h2 kalian bisa gunakan di sub title postingan.

Note : Dalam pengunaan h2,h3 dst bisa lebih dari 1x dalam satu halaman web (pages), tapi dalam pengunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama dalam suatu halaman.


9. Gunakan Permalink Pendek dan Mengandung Keyword Utama

Jadi apasih itu Permalink? Permalink itu adalah suatu URL dalam artikel yang telah kalian buat.

Jadi sedikit berbeda dengan judul artikel, permalink yang bagus bukan hanya kaya variasi keyword, tetapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topk utama artikel tersebut.

Contoh 1 :

  • Judul : 14 Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Blog Dengan Simple
  • Permalink Asli : /14-cara-ampuh-meningkatkan-traffic-blog-dengan-simple.html
  • Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-meningkatkan-traffic-blog.html

Contoh 2 :

  • Judul : Tips Mudah Cara Pembuatan Ayam Krispy Yang Enak Sekali
  • Permalink Asli : /tips-mudah-cara-pembuatan-ayam-crispy-enak-sekali
  • Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-ayam-crispy

Disini banyak kesalahan yang dilakukan oleh para blooger yatu menggunakan url panjang-panjang dengan harapan ingin lebih banyak keyword yang digunakan.

Tetapi itu hal yang salah, kenapa kok salah? Karena dengan memakai url yang panjang mungkin lebih banyak keywaord yang masuk, tetapi keyword utama akan susah dalam bersaing.

Matt Cutts dalam interviewnya dengan Stephan Spancer juga menyarankan untuk menggukan permalink tidak lebih dari 3-5 kata.

“If you can make your title four- or five-words long – and it is pretty natural. If you have got a three, four or five words in your URL, that can be perfectly normal. As it gets a little longer, then it starts to look a little worse. Now, our algorithms typically will just weight those words less and just not give you as much credit.”

untuk cara merubah permalink di blog cukup mudah, kalian hanya dengam mengedit di bagian samping kanan dan pilih tautan permanen --> tautan permanen khusus, selanjutnya kalian tinggal ubah sesuka kalian.

foto : cara memasang image alt


Untuk cara merubah permalink di wordpress cukup mudah, kalia hanya dengan memilih di menu visual editor lalu arahkan kursor ke bagian bawah title postingna dan klik “EDIT”.

BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Tulisan Diberdayakan Oleh Blooger

Foto : cara memasang permalink
Sumber : rohadiright


10. Optimasi Meta Deskripsi

Dalam menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO Friendly biasanya membuat postingna kalian jadi agak kaku.

Untuk mengatasinya, kalian bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wordpress kalian bisa gunakan plugin AIO SEO Pack, Seo by Yoast atau Platinum Seo pack, dan meta deskripsi inilah yang akan menjadi snippet di search engine.

Dengna menaruh keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dalam menulis artikel untuk user terutama di kalimat dan paragraf pertama.

Perlu kalian ketahui bahwa meski meta dskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat dari user ketika googling di search engine, jadi untuk itu pastikan membuat kalimat di meta deskripsi yang menarik dan mengundang klik.

Google juga membatasi pengunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin agar meta deskripsi kalian menjadi lebih optimal khususnya dalam SEO.

Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta yang menarik dan membuat orang penasaran.

Contohnya gini jika saya mempunyai judul artikel : “Cara mendapatkan uang dari blog” lalu saya membuat deskripsi seperti ini bagaimana kira-kita reaksi kalian : “Ingin mendapatkan penghasilan besar dari blog? Gampang sekali yuk simak berikut ini”

BACA JUGA : Ciri-Ciri Blog Yang Disukai Oleh Google dan Unique Visitor


11. Gunakan Atrribut Alt Image (Gambar)

Jadi apasih fungsinya menggunakan atrribut alt image? Jadi gini gogle kan tidak bisa membaca file gambar, maka untuk itu gunakan atrribut alt diperlukan sebagai pengganti untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang akan melakukan crawling di halaman tersebut.



Perlu kalian garisbawahi bahwa yang dibaca google adalah atrribut alt, bukan tilte maupun nama file gambar.

Untuk mengisi atrribut alt bisa kalian isi dengan keyword utama.

Jika gambar di artikel kalian Cuma ada 1-2 file dalam 1 artikel tentu itu tidak masalah, tetapi jika file gambar di artikel cukup banyak sebaiknya kalian memvariasikan dengan keyword-keyword longtail dan LSI, dan kalian juga bisa tambakan kata-kata seperti gambar, images, foto di depan keyword agar lebih natural dan tidak keyword stuffing.

Untuk kalian yang belum tau cara memasang atrribut alt image bisa baca DISINI.

BACA JUGA : Cara Mudah Menjadi Penulis Babe, Dibayar Jutaan Rupiah Menjadi Penulis Di Babe

12. Gunakan Variasi Keyword

Poin terakhir dalam cara menulis artikel yang seo friendly yaitu dengan menggunaka variasi keyword, sedikit berbeda dengan keyword desntiy dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword disini adalah penggunaan keyword utama secara menyebar di sekitar artikel.

Contoh gini :

Keyword : Cara Membuat Blog Gratis

“Oke kali ini laptopsiipat akan membahas tentang cara membuat blog gratis. Bagi kalian yang ingin eksis di internet tapi belum mempunyai modal untuk membeli domain dan hosting, maka blog gratis bisa menjadi satu solusi kalian. dan kalian bisa membuat blog gratis di blogger, wordpress, tumblr, dan sebagainya. Cara membuat blog sangat gampang, jika kalian mengikuti step by step yang akan laptopsiipat sajikan dibawah ini, saya yakin kalian sudah bisa berhasil membuat blog kalian sendiri...”

Tentu saja dengan mengaplikasikan model kalimat diatas satu paragraf saja karena akan menjadi keyword stuffing, jadi sebar ke dalam beberapa paragraf dan artikel kalian akan menjadi lebih SEO Friendly dengan variasi keyword yang natural.

Jika kalian masih kurang jelas, silahlah lihat penjealasan gambar dari Moz.com berikut ini :



Variasi keyword ini juga membuat tulisan kalian menjadi lebih hidup, coba bandingkan  dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keyword misalnya :

“oke kali ini laptopsiipat akan membahas tentang cara membuat blog gratis. Bagi kalian yang ingin eksis di internet tetapi blum mempunyai modal untuk membeli domain dan hosint, maka cara membuat blog gratis ini bisa menjadi salah satu solus. Kalian bisa mengaplikasikan cara membuat blog gratis ini di platform seperti blooger, wordpress,tumblr, dan sebagainya. Cara membaut blog gratis memang sangatlah gampang, jika kalian mengikuti step by step yang laptopsiipat sajikan dibawah ini, saya yakin kalian dalam beberapa jam akan berhasil membuat blog gratis kalian sendiri..”

BACA JUGA : Cara Mudah Bermain Game GTA5 Dan Dota2 Di Android

Akhir Kata

Nah itu Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan Seo Frendly, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian khususnya kalian yang baru ingin belajar membuat artikel yang berkualitas dan seo

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaamya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Jadi buatlah artikel yang berkualiatas dan dapat bermanfaat kepada pembaca, agar pembaca juga puas untuk membaca artikel kalian.

Apabila kalian suka dengan artikel ini kalian bisa share ke teman-teman kalian dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya apabila ada yang ingin di tanyakan.

Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan Seo Frendly Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas dan Seo Frendly Reviewed by Ilfat Bariki on 10/20/2017 Rating: 5

12 komentar:

  1. wahh lengkap sekali penjelasannya
    mau nyoba praktekin nih ilmunya
    bagus lah pokoknya untuk blog laptopsiipat (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mas masukannya, silahkan dicoba semoga berhasil ya:)

      Hapus
  2. Balasan
    1. alhamdulillah terimakasih gan semoga bermanfaat:)

      Hapus
  3. Nice info mas..
    Saya masih belajar optimasi keyword seperti pada point ke 12
    sekalian belajar ngatur kalimat supaya mudah di pahami.

    ohya, saya masih bingung sama keyword destiny mas.. hehehe
    salam kenal ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh terimakasih mas wira semoga bermanfat.

      nah iya mas di kombinasikan keywordnya ..

      Keyward Density adalah suatu intensitas tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

      Salam Kenal juga mas :)

      Hapus
  4. Gin gan saya juga belum tau apa yang saya kuasai

    Tolong pencerahannya mastah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabung ke grup belajar blog aja sini : https://chat.whatsapp.com/HDHNz1JlLUXCAdhpgSbDeF

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.