Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenis Router


Pengertian Router | Fungsi Router | Cara Kerja Router | Jenis-Jenis Router -  oke kali ini laptopsiipat akan memberikan materi yang berhubungan dengan IT nih khusunya dalam bidang Networking, Jadi untuk kalian yang bercita-cita ingin menjadi Networking kamu harus mengetahui lebih dalam dong apa sih Networking itu, terus apa aja sih alat-alat dalam networking itu.

Jadi disini laptopsiipat akan memberikan penjelasan megenai Router dulu nih, jadi router ini adalah suatu alat jaringan yang harus dipake dalam aktivitas networking.


BACA JUGA : Pengertian Modem, Fungsi Modem dan Jenis Tipe Modem
BACA JUGA : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Sistem Operasi Server

Pengertian Router | Fungsi Router | Cara Kerja Router | Jenis-Jenis Router -


Jadi untuk kalian yang mau tau lebih jauh mengenai Router kalian simak penjelasan berikut ini ya “Pengertian, Cara Kerja, Jenis dan Fungsi Router”.

BACA JUGA : Cara Optimasi Blog/Website Agar Masuk Halaman Pertama Google


Pengertian Router

Jadi apa itu router? Router adalah perangkat keras dalam jaringan kompuer yang dapat digunakan untuk mengubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda segmen.

Router juga merupakan alat untuk mengirim paket dalam melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya atau biasa disebut dengan proses Routing.

Proses routing itu sendiri terjadi dalam lapisan 3 dari 7 lapis Osi Layer, Router terkadang digunakan untuk mengoneksikan 2 buah jaringan yang menggunakan media berbeda, seperti contohnya dari Ethernet menuju ke Token Ring. Dan itulah pengertian router.

BACA JUGA : 

1  Pengertian Hub, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Hub
2. Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer 
3. Macam-Macam Jaringan Komputer
4. Pengertian Client Server dan Peer to Peer
5. Pengertian, Fungsi, Jenis dan Sistem Operasi Server
6. Pengertian Jaringan Komputer
7. Pengertian Modem, Fungsi Modem dan Jenis Tipe Modem
8. Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenis Router 
9. Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Bus
10. Karakteristik, Keuntungan dan Kerugian Topologi Ring
11. Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star
12Karakteristik, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Mesh

Fungsi Router

Router mempunyai fungsi utama yaitu untuk membagi atau mendistribusikan IP address baik itu secara stais maupun DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut.

Dengan adanya IP Address yang unik yang diberikan oleh router tersebut kepada setiap komputer dapat memungkinkan setiap komputer untuk bisa saling terhubung serta melakukan komunikasi baik itu pada LAN ataupun Internet.

Pada saat ini perangkat router sudah sangat canggih dan modern. Untuk mendistribusikan IP address kepada setiap komputer pada suatu jaringan, fungsi router tidak saja hanya dapat untuk mengubungkan dengan sambungan kabel LAN, akan tetapi dapat teknologi wireless. Dengan demikian router pada saat ini sudah dapat disambungkan pada setiap PC, laptop, gadget, smartphone yang berada pada jangkauan router tersebut. Cukup dengan memanfaatkan sebuah gelombang radio yang dipancarkan oleh router tersebut. Itulah fungsi router.

BACA JUGA : Budidaya Ternak Kroto, Cara Ternak Kroto Yang Baik dan Benar


Untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa fungsi Router antara lain sebagai berikut : 

1. Fungsi utama Router yaitu menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya. Namun router berbeda halnya dengan Switch, Karena kalau Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk suatu LAN (Local Area Network). Sedangkan Router dapat digunakan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya.

2. Router juga dapat berfungsi untuk menstranmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya sama seperti Bridge.

3. Router juga dapat berfungsi untuk menghubungkan jaringan local ke sebuah koneksi DDL biasa juga disebut DSL router. Router ini umumnya memiliki fungsi firewall untuk bisa melakukan penapisan paket berdasarkan sumber serta alamat tujuan dari paket tersebut, namun akan tetapi tidak semua router memiliki fungsi yang sama. Router yang memiliki fitur firewall dapat juga disebut sebagai Packet – Filtering Router. Fungsi umum royter ini yaitu memblokir lalulintas data yang akan dipancarkan secara broad cast sehingga dapat mencegah terjadinya broad cast storm yang bisa menyebabkan kinerja jaringan melambat.

4. Membaca Alamat Logika / IP address source & destination untuk dapat menentukan routing dari suatu LAN ke LAN lainnya.

5. Menyimpan routing table untuk menentukan rute terbaik antara jaringan LAN ke WAN.

6. Bisa berupa “Box” atau sebuah OS yang dapat menjalankan sebuah daemon Routing.

BACA JUGA : Cara Mudah Menjadi Penulis Babe, Dibayar Jutaan Rupiah Menjadi Penulis Di Babe


Cara Kerja Router

Router Berkerja dengan cara merutekan paket atau data informasi yang disebut routing. Dengan teknik routing tersebut, router dapat mengetahui arah rute perjalanan informasi tersebut yang akan dituju, apakah berada pada satu jaringan yang sama atau berbeda. Jika informasi yang dituju mengarah kepada jaringan yang berbeda, maka router akan menerukannya kepada jaringan tersebut, atau sebaliknya apabila paket yang akan dituju adalah jaringan yang sama, maka router akan menghalangi paket keluar serta meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama sampai benar-benar terkirim ke tujuan.

BACA JUGA : Cara Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Android

Berikut Ilustrasi Cara Kerja Router

Cara Kerja Router

Pada gambar diatas terdapat dua buah network yang terhubung dalam sebuh router. Network yang berada pada sebelah kiri yang terhubung ke port 1 router yang mempunyai alamat IP 192.168.1.0 serta pada network yang berada pada sebelah kanan yang terhubung ke port 2 router mempunyai alamat IP 192.155.2.0

  • Komputer A mengirim sebuah data kepada komputer C, router tidak akan bisa meneruskan data tersebut kepada jaringan lainnya.
  • Begitu juga apabbila ketika komputer F mengirim sebuah paket data kepada komputer 3, router juga tidak akan bisa meneruskan paket data tersebut kepada network lainnya.
  • Barulah ketika komputer F mengirimkan sebuah paket data kepada kompuer B, maka router akan bisa meneruskan paket data tersebut ke komputer B.
BACA JUGA : Cara Mendapatkan Penghasilan Tetap di adfly

Jenis-Jenis Router

1. Router Aplikasi

Router Aplikasi
Sumber : dtechnoindo.
Router aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang bisa kalian install pada sistem operasi komputer, sehingga sistem komputer tersebut akan dapat bekerja seperti router, misalnya seperti aplikasi WinGate, Winroute, WinProxy, SpyGate Dll.

BACA JUGA : Cara Daftar Google Adsense dengan mudah

2. Router Hardware

Router Hardware
Sumber : dtechnoindo.
Router hardware adalah sebuah hardware yang memiliki kemampuan seperti halnya router, maka dengan hardware tersebut kita dapat membagi IP Adress.

Router hardware dapat digunakan untuk membagi jaringan internet pada suatu wilayah, misalnya dari router ini adalah access point, wilayah yang mendapat IP Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.

BACA JUGA : Tutorial Internet Marketing Clickbank


3. Router PC

Router PC


Router PC adalah sebuah komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai halnya router.

Untuk dapat membuat sebuah router PC tidak harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang tinggi.

Komputer dengan processor pentium dua, hard drive 10 GB dan ram 64 serta tersedianya LAN CARD sudah pasti bisa digunakan sebagai router PC.

Komputer yang dijadikan router ini harus diinstall terlebih dahulu dengan sistem operasi khusus untuk router. Sistem operasi yang terpopuler untuk Router PC saat ini yaitu Mikrotik.

BACA JUGA : Kisah Inspiratif dari Monica Nixia, Gamer Profesional yang Bisa Mendapatkan Gaji Hingga Rp159 juta


Akhir Kata

Nah itu penjelasan mengenai Pengertian Router, Fungsi Router, Cara Kerja Router dan Jenis-Jenis Router, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian khususnya yang ingin tau lebih dalam mengenai sebuah Router.

Apabila kalian suka dengan artikel ini kalian dapat share keteman-teman kalian, dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Router.


Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenis Router Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenis Router Reviewed by Ilfat Bariki on 10/29/2017 Rating: 5

1 komentar:

  1. siip mantap ,
    kunjungi :http//blog.binadarma.ac.id/ilmanzuhriyadi/

    BalasHapus

Seputar Coding

[Coding]

Breaking News

[Breaking News]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]
Diberdayakan oleh Blogger.