Pengertian, Fungsi, Jenis dan Sistem Operasi Server


Pengertian Server | Fungsi Server | Jenis Server | Sistem Operasi Server– Oke kai ini laptopsiipat akan memberikan informasi lengkap mengenai apa itu server, fungsi server, jenis server dan apa saja sistem operasi yang dipake oleh server. Kita pasti sering mendengar istilah server dalam dunia komputer khususnya yang suka dengan hal-hal networking.

Pengertian Server | Fungsi Server | Jenis Server | Sistem Operasi Server

Dalam sebuah jaringan pasti yang ada namanya server, karena server ini bertugas untuk memberikan layanan, membatasi dan juga mengontrol akses pada klien dari sebuah jaringan komputer yang ada.

Oke langsung saja laptopsiipat akan memberi tahu mengenai pengertian server, fungsi server dan jenis server, selengkapnya simak berikut ini.

BACA JUGA : 

1  Pengertian Hub, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Hub
2. Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer 
3. Macam-Macam Jaringan Komputer
4. Pengertian Client Server dan Peer to Peer
5. Pengertian, Fungsi, Jenis dan Sistem Operasi Server
6. Pengertian Jaringan Komputer
7. Pengertian Modem, Fungsi Modem dan Jenis Tipe Modem
8. Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenis Router 
9. Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Bus
10. Karakteristik, Keuntungan dan Kerugian Topologi Ring
11. Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star
12Karakteristik, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Mesh

Pengertian Server

Apa itu server? Server adalah sebuah sistem komputer yang ditugaskan untuk memberikan layanan, membatasi dan juga mengontrol akses pada setiap klienya yang terhubung pada jaringan komputer yang ada.

Biasanya komputer yang bertindak sebagai server ini menyediakan sumber daya yang dapat digunakan untuk komputer lain yang bertindak sebagai komputer client.

Sebuah komputer server harus memiliki spesifikasi yang tinggi karena server mempunyai banyak sumber daya dan harus berkerja yang optimal khususnya dari aspek software maupun hardware yang digunakan.

BACA JUGA : Pengertian Modem, Fungsi Modem dan Jenis Tipe Modem

Fungsi Server

Secara umum, sebuah server memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Melakukan Penyimpanan File yang secara bersama digunakan pada hardisk
  2. Mengatur percetakan pada printer yang digunakan bersama
  3. Megelola komunikasi antar workstation seperi mengatur pesan, email dan lain sebagainya
  4. Server bisa digunakan untuk berbagai keperluan mengirim data, biasanaya dengan tambahan software maupun hardware yang digunakan
  5. Melayani permintaan komputer client
  6. Menyediakan sumber daya untuk cliet
  7. Mengatur lalu lintar data
  8. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan, sehingga tidak semua client bisa membuka akses data yang disimpan di komputer server.
  9. Menyediakan database atau aplikasi yang dapat di jalankan di semua komputer
  10. Melindungi komputer client dari virus atau bahaya lainnya dengan memasang firewall atau anti malware di komputer server.

BACA JUGA : MATERI IT

Jenis-Jenis Server

Selain itu pada komputer server juga terdapat sebuah sistem operasi khusus yang disebut dengan “Network Operating System”, ingin tau apa saja jenis-jenis server pada jaringan? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Web Server

Apa itu Web Server?  Web server adalah sebuah perangkat lunak (software) yang dipasang pada server yang berfungsi untuk menyediakan layanan permintaan data dengan protocol Hypertext Transfer Protocol Secure (https) atau Hypertext Transfer Protokol (HTTP) yang dapat diakses dengna menggunakan browser.

Cara kerjanya secara sederhana yaitu web server akan merespon permintaan yang ada dengan mengirimkan konten tersebut kembali dalam bentuk gambar, tulisan atau bentuk lainnya. Kemudian nantinya akan ditampilkan pada browser.

BACA JUGA : Cara Optimasi Blog/Website Agar Masuk Halaman Pertama Google

2. FTP Server

Apa itu FTP Server? FTP Server adalah suatu SERVER yang menjalankan software untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut akan selalu siap memberikan layanan FTP apabila ada permintaan dari FTP Client.

BACA JUGA : Hp officejet pro 8740 driver download

3. Fax Server

Apa itu Fax Serrver? Fax Server adalah suatu solusi yang menggunakan server sebagai tempat penerimaan atau pengiriman fax.

Dan karena server tersambung ke semua jaringan, sehingga dengan demikian semua client yang tersambung dalam jaringan bisa menggunakan fax tersebut cukup dari komputernya masing-masing.

BACA JUGA : Jasa Desain Murah, Baju, Foto, Banner, Logo, Pamflet Berkualiatas

Bagaimana cara kerja fax server?

Fax server akan dinstall aplikasi fax serer yang berfungsi sebagai aplikasi management. Dan setiap komputer yang terhubung juga akan dinstall aplikasi versi client.

Di komputer Fax Server juga akan diinstall sebuah modem yang dihubungan dengan jaringan telp (direct line).

Dengan demikian fax akan bergungsi seperti layaknya kita mencetak (print). Contohnya saja jika kalian membuat sebuah penawaran dengan aplikasi MS.Word, setelah selesai kalian tinggal menekan tombol print, dan dengan otomatisnya fax server akan mengirim penawaran tersebut ke nomoner yang akan dituliskan.

BACA JUGA : Hp deskjet 3775 driver download


4. Mail Server

Apa itu Mail Server? Mai server merupakan suatu perangkat lunak program yang mendisribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email.

Mail server memiliki fungsi yaitu untuk melayani client khususnya dalam hal berkirim surat. Surau-surat yang ada pun nantinya akan disimpan di dalam server mail tersebut.

Selain memiliki fungsi untuk menyediakan layanan untuk berkirim surat, mail server ini juga menyediakan layanan pelengkap lainnya seperti web interface dimana layanan ini dapat memudahkan client untuk mengorganisir atau menulis surat yang dimiliki oleh client.

BACA JUGA : Panduan Lengkap Cara Menjadi Orang Sukses dan Pintar 

5. File Server

Apa Itu File Server? File sever dapat diartikan sebagai sebuah komputer yang berfungsi untuk menampung sejumlah data yang dimiliki oleh client yang bersangkutan.

Biasanya kapasitas yang dimiliki oleh server ini juga bergantung pada Hardisk yang ada pada server tersebut.


6. Game Server

Apa itu Game Server? Game server merupakan server yang digunakan untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain yang lainnya.

Game server ini selain merupakan server tersendiri, bisa juga dibangun dari komputer client yang bermain game tersebut.

BACA JUGA : Budidaya Ternak Kroto, Cara Ternak Kroto Yang Baik dan Benar


7. DNS Server

Apa itu DNS Server? DNS Server merupakan Distribute Database System yang digunakan untuk pencarian nama komputer di rangkaian yang menggunakan TCP/IP.

DNS Server ini memiliki fungsi untuk menerjemahkan informasi nama host atau domain menjadi sebuah alamat IP.


8. Proxy Server

Apa itu Proxy Server? Proxy Server adalah sebuah server yang dapat berfungsi sebagai komputer lainnya untuk melakukan permintaan untuk content dari sebuah internet ataupun intranet.

BACA JUGA : Cara Mudah Menjadi Penulis Babe, Dibayar Jutaan Rupiah Menjadi Penulis Di Babe

9. Database Server

Apa itu Database Server? Database sever merupakan sebuah program komputer yang menyediakan layanan database untuk program komputer lain. Database server juga dapat digunakan untuk beberapa kegiatan seperti analisis data, pengarsipan data, dan penyimpanan data.

Port yang biasa digunakan untuk database server yaitu 3306 (Mysql) dan 5432 (PgSQL).

BACA JUGA : Cara Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Android

10. Print Server

Apa itu Print Server? Print server merupakan suatu alat atau komputer yang dihubungkan ke satu atau lebih printer dalam suatu jaringan, alat atau komputer tersebut nantinya akan menerima perintah print dari komputer.

Print Server mempunyai beberapa tugas, yaitu sbb:

  • Komputer yang terhubung dengan satu printer atau lebih yang di share.
  • Perangkat Dedicated yang terhubung dengan printer dalam suatu LAN, Port fisik (usb, paralel port atau serial).
  • Komputer yang mengimplementasikan Line Printer Daemon Protocl atau Mikrosoft Printing Protocol.


11. Server Aplikasi

Apa itu Server Aplikasi? Server Aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client.

Server data sendiri digunakan untuk menyimpanan data baik digunakan client secara langsung atupun data yang diproses oleh server aplikasi.

BACA JUGA : Cara Mendapatkan Penghasilan Tetap di adfly



12. Streaming Media Server

Apa itu Steaming media sever? Steaming media server adalah sebuah web server atau aplikasi yang terinstall di dalam sebuah server yang dapat digunakan untuk menjalankan file video atau audio secara real-time atau dengan streaming di internet.

OS (Sistem Operasi) Server

Untuk menunjang kinerda dari sebuah komputer server, untuk itu dibutuhkan sebuah sistem operasi khusus untuk server yang memang didesign untuk server, dibawah ini ada beberapa contoh dari sistem operasi server yang biasa digunakan dalam sebuah jaringan.

1. Windows

Perusahaan Microsoft yang mempunyai banyak sekali produk yang memang dikususkan untuk sistem operasi server, salah satu contoh produknya yaitu sbb :

  • Windows NT
  • Windows 2000 Server
  • Windows 2003 Server
  • Windows 2008 Server
  • Windows Server 2013


2. Mac OS

Mac Os merupakah sebuah produk unggulan dari Apple.Inc, Apple sendiri juga mempunyai banyak produk sistem operas server. Beberapa contoh dari produk dari apple untuk server sbb :

  • Mac OS X Server 1,0 (Rhapsody)
  • Mac OS X Server 10.0 (Cheetah Server)
  • Mac OS X Serber 10.1 (Puma Server)
  • Mac OS X Server 10.2 (Jaguar Server)
  • Mac OS X Server 10.6 (Panther Server)
  • MAC OS X Server 10.4 (Tiger Server)
  • Mac OS X Server 10.5 (Leopard Mac OS)
  • Mac OS X Server 10.6 (Snow Leopard Server)
  • Mac OS X 10.7 (Lion Server)
  • OS X 10.8 (Mountain Lion Server)
  • OS X 10.9 (Mavericks Server)
  • OS X 10.10 (Yosemite Server 4.0)


BACA JUGA : Cara Daftar Google Adsense dengan mudah

3. Linux

Sistem operasi server yang terpopuler hingga saat ini yaitu linux, banyak sekali diperusahaan menggunakan linux sebagai sistem operasi server.

Banyak sekali produk sistem operasi yang dikeluarkan oleh linux untuk sistem operasi, beberapa saja contoh dari Distro Linux yang bisa kalian gunakan untuk server sbb :

  • Debian
  • Arch Linux
  • Fedora
  • OpenSUSE
  • Slackware
  • Dan masih banyak lagi.


4. Novel Netware

Sistem operasi server selanjutnya yaitu Novel Netware, sistem operasi ini merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Novel.Inc beberapa contoh produknya yaitu sbb :


  • NetWare 286 2.x
  • NetWare 3.x
  • NetWare 4.x
  • NetWare 5.x
  • NetWare 6.0
  • NetWare 6.5
  • Open Enterprise Server


BACA JUGA : Cara Mengoptimalkan Kinerja Gaming Hingga 100%

Akhir Kata

Nah itu penjelasan mengenai Pengertian Server, Fungsi Server, Jenis Server dan Sistem Operasi Server, Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian khususnya yang ingin tau lebih dalam mengenai suatu Server.

Apabila kalian suka dengan artikel ini kalian dapat share keteman-teman kalian, dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Penjelasan Server.


Pengertian, Fungsi, Jenis dan Sistem Operasi Server Pengertian, Fungsi, Jenis dan Sistem Operasi Server Reviewed by Ilfat Bariki on 11/04/2017 Rating: 5

7 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.