Mengulas Lebih Dalam Tentang Coding atau Bahasa Pemrograman


Pengertian Coding, Pengertian Bahasa Pemrograman, Contoh Bahasa Pemrograman, Manfaat Coding, Situs Belajar Coding. – Bagi kalian yang ingin bercita-cita menjadi seorang programmer itu kalian harus bisa menguasai ilmu coding atau istilahnya bahasa pemrograman. jadi apa sih coding dan bahasa Pemrograman itu?

BACA JUGA: 10 Contoh Bahasa Pemrograman Komputer Populer di Indonesia

Pengertian Coding, Pengertian Bahasa Pemrograman, Contoh Bahasa Pemrograman, Manfaat Coding, Situs Belajar Coding.
http://mashable.com/

BACA JUGA : Cara Membuat Aplikasi Android di Appgeyser Untuk Blog Tanpa Coding

Pengertian Coding

Coding adalah suatu proses menulis, menguji dan memperbaiki, dan memelihara kode yang akan membangun suatu program komputer. Nah kode ini ditulis dalam berbagai macam bahasa Pemrograman.Terus apa itu bahasa Pemrograman?

BACA JUGA : 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Ratusan Juta Nyaris Tanpa Modal


Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman atau sering disebut dengan istilah bahasa komputer atau bahasa Pemrograman komputer adalah suatu standar untuk memerintahkan komputer. Bahasa Pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan suatu program komputer.

Lalu apa saja contoh bahasa Pemrograman? Oke kali ini laptopsiipat akan memberikan 10 Contoh Bahasa Pemrograman Yang Populer di Indonesia, selengkapnya simak berikut ini.

BACA JUGA : Panduan Lengkap Cara Menjadi Orang Sukses dan Pintar 


Fungsi Bahasa Pemrograman yaitu memerintahkan komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan.

Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program atau aplikasi. Contohnya seperti program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, pengunaan lampu lalu lintas di jalan raya dll.

Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu :

  • Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
  • High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
  • Middle Level Language (seperti bahasa C), dan
  • Low Level Language (seperti bahasa Assembly)

Sedangkan menurut generasinya, bahasa pemrograman digolongkan menjadi 4 generasi:
  • Generasi ke-1: machine language
  • Generasi ke-2: assembly language: Assembler
  • Generasi ke-3: high level programming language, contoh: C dan Pascal
  • Generasi ke-4: 4 GL (fourth-generation language), contoh: SQL
  • Generasi ke-5: Programming Language Based Object Oriented & Web Development
BACA JUGA : Manfaat Belajar Pemrograman Komputer atau Coding

10 Bahasa Pemrograman Yang Populer di Indonesia

1. Java

Apa itu Java? Java merupakan bahasa Pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai komputer sampai perangkat mobile.

Bahasa Pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada Tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas tangan kepada Oracle.

Nama Java sendiri ini dipikih karena salah seorang pendiri Java, Yaitu James Gosling, Ia sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling atau kopi tubruk istilahnya dimana kopi jenis ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia untuk itu bahasa Pemrograman ini diberi nama JAVA.

Java sudah menjadi salah satu bahasa Pemrograman terpopuler, karena bahasa Pemrograman ini memiliki banyak kelebihan seperti misalnya bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda, kemudian bahasa Pemrograman ini juga termasuk kedalam Pemrograman OOP atau disebut juga Pemrograman Orientasi Objek, sehingga programmer akan lebih mudah dalam menyusun proram untuk menggunakan bahasa ini.

Selain itu bahasa Pemrograman ini juga memiliki library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programmer dalam mengelola dan menyusun suatu program.

Apalagi dijaman yang sudah semakin canggih ini dimana smartphone android sudah banyak digunakan, dan aplikasi dalam smartphone ini dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga programmer-programmer yang menggunakan bahasa yang satu ini karena memang sedang banyak digunakan.

BACA JUGA : Cara Mudah Menjadi Penulis Babe, Dibayar Jutaan Rupiah Menjadi Penulis Di Babe


2. PHP

Php atau kepanjangan dari PHP Hypertext Pre-processor merupakan bahasa Pemrograman yang paling banyak digunakan di indonesia. Selain penggunaanya gratis, PHP banyak digunakan karena bahasa Pemrograman ini termasuk server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis.

Selain itu banyak website-website ternama yang menggunakan PHP seperti Facebook, Wordpress, ataupun Digg.

PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu ini PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

BACA JUGA : Peluang Usaha Budidaya Ternak Kroto, Cara Ternak Kroto Yang Baik dan Benar


3. C

Bahasa Pemrograman C ini termasuk sebagai salah satu bahasa Pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa ini dikembangkan dari sekitar tahun 70-an. Pembuat bahasa C adalah Dennis Ritchies.

Bahasa C ini juga salah satu bahasa Pemrograman yang popuer di Indonesia karena hampir sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT menggunakan bahasa pemogrman ini untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa Pemrograman yang lainnya.

Bukan tanpa sebab bahasa C ini menjadi dasar untuk dipelajari dalam bahasa Pemrograman yang lain, sebab memang bahasa C ini merupakan “bapak” dari bahasa Pemrograman lain seperti C#, C++, Java, dan lain sebagainya.

BACA JUGA : Cara Mendapatkan Penghasilan Tetap di adfly


4. Visual Basic

Visual Basic adalah bahasa Pemrograman yang dikembangkan oleh suatu perusahaan multinasional yaitu Microsoft.

Bahasa Pemrograman ini menawarkan IDE visual dalam pembuatan software, dan bahasa Pemrograman ini dikembangkan untuk membangun software-software berbasis Windows. Visual Basic sendiri ini adalah keturunan dari bahasa Pemrograman BASIC.

Sebuah lembaga survey pada tahun 2005 menunjukan 62% bahwa developer software menggunakan Visual Basic dalam pengembangan Software nya, sehingga hal tersebut menjadikan Visual Basic menjadi salah satu bahasa pemogrman yang banyak diminati atau populer.

BACA JUGA : Cara Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Android


5. Python

Dalam tingkatan bahasa Pemrograman Python termasuk kedalam bahasa tingkat tinggi. Python juga menjadi salah satu bahasa Pemrograman yang dapat membangun aplikasi berbasis web maupun berbasis mobile.

Bahasa Python ini juga termasuk kedalam bahasa Pemrograman yang mudah dipelajari bagi pemula, karena bahasa ini mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga.

Bayak sekali perusahaan besar yang menggunakan Python dalam pengembanganya seperti Pinterest, Instagram, dan Rdio. Python ini juga digunakan oleh para pengembang seperti Yahoo, Google, dan juga NASA.

BACA JUGA : Jasa Desain Murah, Baju, Foto, Banner, Logo, Pamflet Berkualiatas


6. C++

C++ merupakan bahasa Pemrograman yang dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup, bahas ini merupakan bahasa Pemrograman dari bahasa C yaitu C dan C++.

Kedua bahasa Pemrograman ini memiliki sintaks penulisan yang hampir sama, meskin begitu kedua bahasa ini juga memiliki perbedaan pada penyelesaian masalahnya.

Pada bahasa C penyelesaian masalahnya yaitu dilakukan dengan membagi-bagi kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil atau biasa disebut dengan Bahasa Pemrograman prosedural, Sedangkan untuk C++ berorientasi pada objek dimana permalasahan dibagi-bagi kedalam class-class.

C++ ini juga menjadi bahasa Pemrograman yang populer karena banyak perusahaan-perusahaan software besar yang menggunakan bahasa ini untuk mengembangkan softwarenya seperti Firefox, Adobe, maupun Winamp yang sekarang pengembanganya sudah dihentikan.


BACA JUGA : Situs Free Bitcoin Terbukti Membayar dan Terpecaya 2017


7. JavaScript

Javascript merupakan bahasa Pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript untuk saat ini kebanyakan terdapat pada pengembangan suatu web.

Dengan menggunakan bahasa yang satu ini kita dapat membuat web yang interaktif dan menarik.

Di indonesia untuk saat ini banyak sekali perusahaan-perusaan besar yang menggunakan bahasa Pemrograman yang satu ini yaitu JavaScript.


BACA JUGA : Cara Menjadi Youtubers Yang Sukses

8. C#

C# merupakan bahasa Pemrogramanyang dikembangkan oleh Microsoft. BahasaP emrograman ini menggabungkan prinsip dari C dan C++.

C# Iini banyak digunakan untuk mengembangkan software yang menggunakan platform windows.

BACA JUGA : Cara Mudah Bermain Game GTA5 Dan Dota2 Di Android


9. Objective-C

Objectibe-C merupakan bahasa Pemrograman yang berorientasi objek. Bahasa Pemrograman ini banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi yang digunakan pada perangkat berbasis Apple, bahkan sistem operasi iOS pun dikembangkan menggunakan bahasa Pemrograman yang satu ini.


BACA JUGA : Cara Optimasi Blog/Website Agar Masuk Halaman Pertama Google

10. ActionScript

ActionScript merupakan bahasa Pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript yang dapat digunakan dalam pengembangan situs web dan software yang menggunakan platform Adobe Flash Player.

Bahasa Pemrograman ini juga dipakai pada beberapa aplikasi berbasis data, seperti Alpha Five. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, Tapi kini sudah dimiliki dan dilanjutkan oleh perkembangan oleh Adobe, yang memberi Macromedia pada tahun 2005 yang lalu.

Untuk di Indonesia bahasa Pemrograman ini menjadi populer karena banyaknya developer berbasis Flash yang tentu saja menggunakan ActionScript untuk keperluan Coding.

Nah itu dia beberapa 10 contoh bahasa Pemrograman yang populer di indonesia, walaupun  banyak sekali bahasa Pemrograman lainnya yang belum bahas disini.


Nah banyak orang bertanya apasih manfaat dari coding itu? Padahal kan coding kan Cuma gitu-gitu aja dan malah bikin pusing kepala, nah kali ini laptopsiipat akan memberikan informasi nih yaitu “Manfaat Coding Bagi Diri Kita” selengkapnya simak berikut ini ya.

BACA JUGA : Pengertian Hub, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Hub


Manfaat Coding

1. Melatih Ketelitian

Kenapa dapat melatih ketelitian? Karena dalam coding itu kita harus terus teliti dalam melakukan aktivitas yaitu coding, soalnya dalam proses coding itu kita harus teliti untuk mengamati ratusan barisan kode yang tedapat dalam suatu program.

Jadi gini bayangkan kalian telah menulis raturan baris kode dan ada satu baris saja yang lupa kita kasih syntax penutup seperti semicolone (;). Nah itu dapat berdampak buruk karena satu kata atau penutup itu lupa maka program tidak akan dapat berjalan.

Nah untuk itu dalam aktivitas coding terdapat manfaat yaitu dapat melatih ketelitian.

BACA JUGA : Pasti Tajir! Inilah 7 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet


2. Melatih Daya Pikir

Kenapa dapat melatih daya pikir? Jadi dalam aktivitas coding itu tidak hanya seperti halnya belajar bahasa baru seperti bahasa Korea, Bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Karena dalam coding itu kita juga harus melatih logika kita untuk membangun suatu algoritma. Jadi tujuan dalam pembuatan aplikasi yaitu untuk menyederhanakan masalah agar lebih cepat dan efektif dalam menyelesaikannya, sehingga kalian dituntut untuk mempunyai logika yang kuat agar dapat melakukan penyelesain masalah dengan membangun suatu proram yang tangguh.

BACA JUGA : Review Aplikasi Langit Musik : Streaming Jutaan Lagu Ga Ngabisin Kuota


3. Mengembangkan Potensi Diri

Kenapa dapat mengembangkan potensi diri? Contohnya saja seperti ini, sebagai problem solver, programmer di tuntut untuk bisa menguasai banyak bidang sehingga diharuskan untuk selalu belajar apa yang belum dia tahu, ini dikarenakan

  • Bahasa Pemrograman ini sendiri selalu berevolusi, misalnya saja HTML yang sekarang sudah di ada di versi 5 sehingga kita harus belajar lagi tentang apa fitur-fitur barunya.
  • Kita juga bisa menduga apa aplikasi yang diminta klien, tiba-tiba saja misalkan kalian diminta untuk membuat aplikasi mengenai sistem yang belum kalian ketahui sebelumnya, untuk itu kalian di tuntut untuk selalu belaar agar bisa mengejarkan suatu aplikasi yang belum kalian tahu sebelumnya

Nah itu dia kenapa coding mempunyai manfaat dapat mengembangkan potensi diri, karena kalau kita ingin menjadi programmer kita juga harus belajar apa yang belum kita ketahui sebelumnya, soalnya dalam coding itu banyak sekali ilmu-ilmu yang harus kalian pelajari.

Lalu bagaimana kita untuk bisa belajar coding? Oke tenang saja sekarang banyak situs web yang menyediakan kalian untuk belajar coding, oke simak berikut ini “10 Situs Belajar Coding Terbaik Secara Gratis”

BACA JUGA : Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin

Situs Belajar Coding


  1. Coursera
  2. Github
  3. Codecademy
  4. Udemy
  5. edX
  6. Khan Academy
  7. Code Avengers
  8. W3schools.com


Akhir Kata

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai Pengertian Coding, Pengertian Bahasa Pemrograman, Contoh Bahasa Pemrograman, Manfaat Coding, Situs Belajar Coding.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian semua, khusus nya yang ingin tau lebih dalam mengenai coding dan untuk belajar coding.

Apabila kalian suka dengan artikel ini kalian dapat share keteman-teman kalian, dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya.

Mengulas Lebih Dalam Tentang Coding atau Bahasa Pemrograman Mengulas Lebih Dalam Tentang Coding atau Bahasa Pemrograman Reviewed by Ilfat Bariki on 11/18/2017 Rating: 5

2 komentar:

  1. Lengkap sekali mas tutorialnya.. sangat dicari bagi pemula yg ingin belajar pemrograman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh terimakasih mas, semoga bermanfaat:)

      Hapus

Review

[Review]

Seputar Coding

[Coding]

Kesehatan

[Health]

Travveling

[Travelling]

Materi IT

[Materi IT]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Breaking News

[Breaking News]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]
Diberdayakan oleh Blogger.