Kisah Sukses Sanim, Tukang Becak Tak Lulus SD yang Kini Punya Puluhan Mobil Mewah dan Dua Pabrik


Sukses tidaknya seseorang tidak dipengaruhi seberapa tinggi jenjang pendidikannya. Faktanya, banyak orang yang sukses di dunia tanpa memiliki gelar. Seperti misalnya Mark Zuckerberg yang pernah di-DO waktu kuliah atau Bob Sadino yang pernah menjadi pedagang kali lima. Kesuksesan itu bisa diraih dengan kita mempunyai kemauan keras untuk mengubah nasib.


Kisah Sukses Sanim, Tukang Becak Tak Lulus SD yang Kini Punya Puluhan Mobil Mewah dan Dua Pabrik
Foto : bombastis.com
Begitu pula yang dialami tukang becak di Cirebon ini. Sanim namanya, ia mempunyai tekad yang kuat untuk mengubah nasib dan bisa membahagiakan keluarganya. Dia mencoba beberapa cara untuk menjadi kaya dan sukses. Alhasil kini dengan usahanya, dia bisa memiliki laba ratusan juta dan puluhan mobil pribadi. Lalu bagaimana kisah suksesnya? Seperti yang dilansir web bombastis.com selengkapnya simak berikut ini.

Bahkan hampir tak tamat SD dan hanya seorang becak


Sanim setiap paginya dia mencari nafkah dengan mangkal di sekitar area pabrik gula Cirebon. Sanim bukanlah orang yang mempunyai pendidikan tinggi, ia hanya sekolah sampai SD, itupun cuma sampai kelas 4. Akhirnya setelah binggung mau bekerja apa, Sanim pun memilih untuk bekerja sebagai tukang becak hingga dua tahun.
 

Foto : bombastis.com
Sanim bekerja dari pagi hingga sore, sayangnya kadang penghasilan dari membecak ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Sehingga Sanim meski memutar otak untuk mendapatkan tambahan uang. Bahkan tidak jarang jika Sanim harus berhutang pada tetangga dan keluarga karena penghasilan yang diperoleh sangat minim.

BACA JUGA : Kisah Sukses Sanawi, Pedagang Es Krim Tak Lulus SD Yang Kini Mempunyai Omzet 500 Juta per Bulan

 

Bekerja menjadi buruh pabrik garam


Bersama rekan-rekan tukang becaknya, Sanim mencoba untuk mendaftar sebagai buruh di sebuah pabrik waktu itu melakukan lowongan besar-besaran. Meskipun tanpa pengalaman dan pengetahuan yang tinggi, dia berharap bisa lebih meningkatkan kesejahteraan hidupnya dengan menjadi pegawai pabrik. Meskipun nantinya mungkin dia hanya bisa menjadi kuli panggul pabrik.

Foto : bombastis.com

Tapi Sanim tetap bersyukur, karena menjadi pegawai pabrik jauh lebih tinggi pendapatannya dibanding membecak, apalagi sekarang sudah sangat jarang ada penumpangnya. Ternyata benarlah apa yang dipikirkan Sanim, seiring waktu alhasil keuangan keluarganya mulai membaik ketimbang saat membecak dulu. Namun sayangnya dia tidak melanjutkan pekerjaanya, Dia lebih memilih untuk membuka usaha sendiri.

BACA JUGA : Kisah Sukses Jusman, Tukang Koran Jadi Sarjana di Universitas Negeri Manado, Peraih Predikat 'Cum Laude'

 

Membuka usaha garam dan sering ditolak pinjaman


Setelah 2 bulan bekerja sebagai buruh pabrik garam, Sanim memutuskan untuk keluar. Sangat singkat memang, tapi keputusan yang Sanim ambil ini memang berdasarkan alesan yang kuat. Sanim sadar potensi bisnis garam ini bisa lebih maju jika dimanfaatkan dengan baik. Pada akhirnya pria itu memutuskan untuk membuka garam sendiri. Bersama istrinya dia mendirikan produksi garam di sekitar area rumah, seiring waktu usahanya pun semakin berkembang.
 
Foto : bombastis.com

Namun Sanim sempat mengalami kendala modal, Dia berusaha untuk meminta pinjaman. Akhirnya dia memutuskan untuk meminjam di bank, tapi sedihnya dia malah ditolak karena keadaan tempat produksinya yang masih baru dinilai tidak akan mempunyai keuntungan yang besar. Beruntung masih ada bank yang mau meminjamkan uangnya sehingga usahanya masih bisa maju.

BACA JUGA : Kisah Sukses Budi Harta Winata, Mantan Tukang Las yang Kini Sukses Jadi Bos Perusahaan Kontruksi Baja

 

Keuntungan 400 juta perbulan dengan dua pabrik


Siapa sangka ternyata usaha keras mantan tukang becak ini membuahkan hasil yang baik. Konon laba barik garam Sanim bisa memperoleh penghasilan sampai 400 juta perbulan, belum lagi kalau sedang naik harga, mungkin penghasilanya jauh lebih tinggi.

Foto : bombastis.com
Sanim sudah memiliki 2 pabrik besar sebagai tempat industri garamnya, dalam satu hari ada kurang lebih 6 truk besar yang siap mengangkut garam miliknya. Sudah ratusan orang bekerja padanya, selain itu dia juga memiliki 10 mobil berkat hasil kerja kerasnya membangun produksi garam buatannya.

BACA JUGA : 3 Kisah Sukses Pedagang Asongan yang Berubah Menjadi Milyader

 

Akhir Kata


Nah itu dia Kisah Sukses Sanim, Tukang Becak Tak Taman SD yang Kini Punya Puluhan Mobil Mewah dan Dua Pabrik. Gimana apakah kamu terinspirasi?

Semoga dengan adanya kisah sanim ini bisa memberikan motivasi pada diri kita.

Seorang tukang becak ternyata juga mempunyai kesempatan untuk sukses seperti para sarjana. Walaupun menurut kamu itu sulit . tapi tidak ada kata sulit asalkan kita mau terus berdoa dan berusaha.

Apabila kamu suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian ya. Terimakasih:)

Kisah Sukses Sanim, Tukang Becak Tak Lulus SD yang Kini Punya Puluhan Mobil Mewah dan Dua Pabrik Kisah Sukses Sanim, Tukang Becak Tak Lulus SD yang Kini Punya Puluhan Mobil Mewah dan Dua Pabrik Reviewed by Ilfat Bariki on 9/27/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.