Jaringan Komputer


Pengertian Jaringan Komputer | Sejarah Jaringan Komputer | Manfaat Jaringan Komputer | Topologi Jaringan Komputer | Macam-Macam Jaringan Komputer – apa yang ada pikirkan setelah mendengar kata jaringan komputer? Pasti yang ada pikirkan bahwa jaringan komputer yaitu jaringan yang menghubungkan 2 atau lebih perangkat komputer agar bisa saling bertukar informasi atau berkomunikasi.
jaringan komputer

Kata jaringan komputer mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, karena mengigat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari.

Buat kalian yang belum mengetahui apa itu jaringan komputer, bisa simak ulasan lengkap mengenai pengertian jaringan komputer berikut ini.

BACA JUGA : Pengertian Hub, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Hub

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem jaringan yang terdiri dari dua tau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain yang membentuk suatu jaringan komputer melalui media trasmisi atau media komunikasi, sehingga dapat berbagai informasi, data, aplikasi maupun berbagai sebuah internet.

Isitlah jaringan komputer ini sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung dalam suatu jaringan.

Tujuan dibagunya jaringan komputer yaitu agar informasi atau data yang dibawah si pengirim (transmitter) dapat diterima dengan baik kepada penerima (receiver).


Nih buat kalian yang belum tau sejarah terciptanya sebuah jaringan komputer, kalian bisa ulasan mengenai sejarah jaringan komputer berikut ini.


BACA JUGA : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Sistem Operasi Server

Sejarah Jaringan Komputer

Sejarah Jaringan Komputer

1940-an : Batch Processing
Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang didirikan oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin oleh sebuah professor handal yaitu Howard Aiken.

Pada awalnya proyek tersebut hanya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang dipakai secara bersama untuk bisa mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong, sehingga dibuatnya proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program dapat dijalankan dalan sebuah komputer.

1950-an : Mulai Mengembangkan Proses TSS (Time Sharing System)
Diperkirakan 10 tahun kemudia, tepatnya pada era 1950-an, pemakaian dan juga pengembangan dari sebuah sistem komputer menjadi sangat berkembang dan juga membesar.

Ditandainya dengan berkembangnya sistem komputer yang kita sebut sebagai super komputer.

Dengan adanya super komputer ini dapat mempengaruhi tuntutan dari perusahaan, yakni satu komputer harus bisa melayani dan menjalankan suatu program dari beberapa terminal.

Tuntutan inilah yang menciptakan sebuah sistem yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).

Sistem ini merupakan sistem pertama yang serius dalam mengimplementasikan dan akhirnya menjadi cikal bakal Jaringan (Network) yang kita kenal sampe saat ini.

TSS ini merupakan sebuah sistem dimana sebuah komputer bisa menjalankan atau melayani terminal yang disebut dengan istilah distribusi berdasarkan waktu.

Dengan begitu sistem ini dapat memungkinkan salah satu komputer akan bertindak sebagai server atau host, yang dapat diakses dengan menggunakan workstation atau client-client yang tersedia dalam waktu bersamaan.

Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Dan pada tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing).

Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer.

Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat

Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET.

Program tersebut begitu mudah untuk digunakan, sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at”.

Pada Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat.

Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet.

Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet).

Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.

Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network) .

Pada tahun 1979. Tahun 1981, France Telecom menciptakan sesuatu hal yang baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon yang juga berhubungan dengan video link.

Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan.

Untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal hingga saat ini.

Sementara itu, di Eropa muncul sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS
Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.

Pada 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.

Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting ).

Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan.

Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan.[6] Programe inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web. 

Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer pada tahun 1992. Dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah).

Dan pada tahun 1994, situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retailmuncul di situs.Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Source : Wikipedia

Lalu apa sih manfaat adanya jaringan komputer itu? Oke kali ini laptopsiipat akan memberikan ulasan megenai manfaat jaringan komputer, selengkapnya bisa simak berikut ini.

BACA JUGA : Pengertian Modem, Fungsi Modem dan Jenis Tipe Modem

Manfaat Jaringan Komputer


  • Dapat mempermudah komunikasi dalam dunia teknologi jaringan
  • Dapat sharing file atau data
  • Dapat melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien
  • Dapat membantu seseorang untuk berhubungan dengan orang lain bahkan dari berbagai negara dengan mudah
  • Dapat mengirim file berupa teks, gambar, audio maupun video secara rea time dengan bantuan jaringan komputer
  • Dapat mengakses berita atau informasi dengan mudah melalui internet, karena internet merupakan contoh jaringan komputer
  • Dapat sharing printer, yaitu dapat menggunakan 1 printer untuk banyak orang.


Nah kan manfaat jaringan komputer sudah, selanjutnya apa aja sih topologi yang terdapat dalam suatu jaringan komputer? Oke selengkapnya mari simak ulasan mengenai “topologi jaringan komputer”

BACA JUGA : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenis Router

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

1. Topologi Bus

Contoh Topologi Bus
Sumber : nesabamedia
Topologi bus bisa dibilang cukup sederhana dibanding topologi yang lainnya, karena topologi ini biasanya digunakan pada instansi jaringan berbasis FO (Fiber Optik), kemudia digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan client atau node.

Topologi busa menggunakan sebuah kabel jenis coaxial disepanjang node client dan pada umumnya, ujung kabel coaxial biasanya diberikan T konektor sebagai end to end.

Untuk kalian yang mau tahu apa sih kelebihan dan kekurangan pada topologi bus, selengkapnya bisa simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Topologi Bus


  • Penggunaanya yang cukup mudah dan efisien
  • Penambahan client/workstation baru dapat dilakukan dengan mudah
  • Hanya menggunakan sedikit kabel
  • Biaya yang murah
  • Sederhana 

Kekurangan Topologi Bus


  • Jika salah satu kabel terputus atau bermasalah, maka hal tersebut dapat menggangu komputer client/workstation yang lain
  • Proses mengirim dan menerima data yang kurang efisien, biasanya sering terjadi collision atau tabrakan data 
  • Topologi yang sangat jadul dan sulit dikembangkan


BACA JUGA : Situs Free Bitcoin Terbukti Membayar dan Terpecaya 2017

2. Topologi Star

contoh topologi star
Sumber : nesabamedia
Sama seperti namanya yaitu star atau bintang, topologi ini berbentuk bintang dan pada topologi ini merupakan salah satu topologi jaringan yang biasanya menggunakan switch/hub untuk menghubungkan client satu dengan client yang lainnya.

Untuk kalian yang mau tahu apa sih kelebihan dan kekurangan pada topologi star, selengkapnya bisa simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Topologi Star


  • Keamanan yang cukup baik
  • Apabila ada satu komputer mengalami kerusakan, maka jaringan pada topologi ini akan tetap berjalan dan tidak mempengaruhi komputer lain
  • Fleksibel
  • Kemudahan mendeteksi masalah pada jaringan 

Kekurangan Topologi Star


  • Biaya yang cukup mahal
  • Jika switch/hub mengalami kerusakan, maka seluruh komputer yang tersambung pada topologi ini juga mengalami masalah
  • Membutuhkan banyak kabel


BACA JUGA : 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Ratusan Juta Nyaris Tanpa Modal


3. Topologi Ring

contoh topologi ring
Sumber : nesabamedia
Topologi ring atau cincin adalah salah satu topologi jaringan yang menghubungkan satu PC dengan PC lainnya dalah suatu rangkaian melingkar, mirip degan cincin.

Biasanya topologi ini hanya menggunakan LAN Card untuk menghubungkan PC satu dengan PC yang lainnya.

Untuk kalian yang mau tahu apa sih kelebihan dan kekurangan pada topologi ring, selengkapnya bisa simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Topologi Ring


  • Memiliki performa yang lebih baik dibanding pada topologi bus
  • Mudah diimplementasikan
  • Konfigurasi yang cukup mudah
  • Biaya instansi yang cukup murah


Kekurangan Topologi Ring


  • Kinerja komunikasi dalam topologi ini dinilai dari jumlah atau banyaknya titik atau node
  • Troubleshooting yang cukup rumit
  • Jika salah satu koneksi terputusm maka koneksi yang lainnya juga akan terputus
  • Sering terjadi tabrakan data


BACA JUGA : Panduan Lengkap Cara Menjadi Orang Sukses dan Pintar 

4. Topologi Mesh

contoh topologi mesh
Sumber : nesabamedia
Topologi mesh merupakan bentuk topologi yang sangat cocok dalam pemilihan rute yang banyak. Hal tersebut berfungsi sebagai jalur backup pada saat jalur lain mengalami suatu masalah.

Untuk kalian yang mau tahu apa sih kelebihan dan kekurangan pada topologi Mesh, selengkapnya bisa simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Topologi Mesh


  • Jalur pengiriman data yang digunakan sangat banyak, jadi jangan khawatir akan adanya tabrakan data (collision)
  • Besar bandwidth yang cukup besar
  • Keamanan yang baik


Kekurangan Topologi Mesh


  • Proses instalasi yang cukup rumit
  • Membutuhkan banyak kabel
  • Biaya yang mahal


5. Topologi Peer to Peer

contoh topologi peer to peer
Sumber : nesabamedia
Topologi peer to peer merupakan topologi yang sangat sederhana dikarenakan hanya menggunakan 2 buah komputer atau laptop untuk bisa saling terhubung.

Pada topologi ini biasanya menggunakan satu kabel yang menghubungkan antar komputer untuk proses pertukaran data.

Untuk kalian yang mau tahu apa sih kelebihan dan kekurangan pada topologi peer to peer , selengkapnya bisa simak ulasan berikut ini.


Kelebihan Topologi Peer to Peer


  • Biaya yang murah
  • Masing masing pc/laptop dapat berperan sebagai client maupun server
  • Instalasi yang cukup mudah


Kekurangan Topologi Peer to Peer


  • Keamanan bisa dibilang sangat rentan
  • Sulit dikembangkan
  • Sistem keamanan di konfigurasi oleh masing pengguna
  • Troubleshooting yang dibilang cukup sulit


BACA JUGA : Cara Mudah Menjadi Penulis Babe, Dibayar Jutaan Rupiah Menjadi Penulis Di Babe

6. Topologi Linier

contoh topologi linear
Sumber : nesabamedia
Topologi linier atau biasanya dibilang topologi bus beruntut. Pada topolog ini biasanya menggunaka nsatu kabel utama untuk menghubungkan tiap titik sambungan pada setiap komputer atau laptop.

Untuk kalian yang mau tahu apa sih kelebihan dan kekurangan pada topologi linier, selengkapnya bisa simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Topologi Linier


  • Mudah dikembangkan
  • Menggunakan sedikit kabel
  • Biaya yang murah
  • Tidak memperlukan kendali pusat
  • Sederhana


Kekurangan Topologi Linier


  • Memiliki kepadatan lalu lintas yang bisa dibilang cukup tinggi
  • Kemanan data yang kurang baik


BACA JUGA : Cara Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Android

7. Topologi Tree

contoh topologi tree
Sumber : nesabamedia
Sama seperti namanya yaitu tree atau pohon, topologi ini berbentu seperti pohon atau bercabang.

Topologi ini adalah gabungan antara topologi star dan juga topologi bus. Topologi jaringan ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dan hirarki yang berbeda-beda.

Untuk kalian yang mau tahu apa sih kelebihan dan kekurangan pada topologi tree , selengkapnya bisa simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Topologi Tree


  • Susunan data yang terpusat secara hirarki
  • Memanajemen data yang baik dan mudah
  • Mudah dikembangkan 


Kekurangan Topologi Tree


  • Apabila komputer yang menduduki tingkatan tertinggi mengalami masalah, maka komputer yang terdapat dibawahnya juga ikut bermasalah.
  • Kinerja jaringan pada topologi ini dibilang cukup lambat.
  • Menggunakan banyak kabel


BACA JUGA : Cara Mendapatkan Penghasilan Tetap di adfly

8. Topologi Hybrid

contoh topologi hybrid
Sumber : nesabamedia
Topologi hybrid ini merupakan kombinasi dari dua atau lebih topologi yang berbeda berpada menjadi satu bentuk baru pada sistem jaringan komputer.

Untuk kalian yang mau tahu apa sih kelebihan dan kekurangan pada topologi hybrid, selengkapnya bisa simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Topolog Hybrid


  • Fleksibel dan efisien
  • Penambahan koneksi yang mudah


Kekurangan Topologi Hybrid


  • Pengelolaan pada jaringan ini sangatlah sulit
  • Biaya yang mahal
  • Instalasi yang cukup sulit


Nah penjelasan mengenai topologi jaringan komputer sudah selesai, lalu kali ini laptopsiipat akan memberikan ulasan mengenai apa aja sih macam-macam jaringan komputer, selengkapnya simak ulasan mengenai jenis-jenis jaringan komputer.

BACA JUGA : Cara Daftar Google Adsense dengan mudah

Macam-Macam Jaringan Komputer

Pada umumnya jaringan komputer dapat di kelompokkan menjadi 4  kategori, yaitu berdasarkan geografis, distribusi sumber informasi atau data, media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.

A. Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis


Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis
Sumber : nesabamedia


1. LAN

LAN merupakan kepanjangan dari Local Area Network merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, contohnya seperti di warnet, kantor, atau sekolah.

Umumnya jaringan LAN luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN menggunakan IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10 sampe 1000 MB/s.

Untuk jarak jaungkauan pada LAN adalah 5-10 km.

Selain menggunakan teknologi Ethernet, banyak juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN

BACA JUGA : Tutorial Internet Marketing Clickbank

2. MAN

MAN atau kepanjangan dari Metropolitan Area Network merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali dengan kecepatan transfer data yang tinggi.

Bisa dibilang, jaringan MAN ini merupakan gabungan dari beberapa Jaringan LAN. Untuk jangkauan dari MAN ini berkisaran 10-50 km.

MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi untuk membuat suatu rancangan menjadi lebih simple.

BACA JUGA : 11 Situs Belajar Pemrograman (Coding) Terbaik Untuk Pemula

3. WAN

WAN atau kepanjangan dari Wide Area Network merupakan jaringan berbasis luas yang mencakup daerah geografis yang luas, semisal antar negara bahkan benua.

WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringa nlokal sehingga dapat mempermudah untuk berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada pada lokasi yang berbeda.


Untuk jarak jaungkauan pada WAN bisa sampe 100 km – 1000 km.

BACA JUGA : 10 Contoh Bahasa Pemrograman Komputer Populer di Indonesia

B. Macam-Macam Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data

Macam-Macam Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data
Sumber : nesabamedia

1. Jaringan Terpusat

Yang dimaksud jaringan terpusat yaitu jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari komputer server.

Dalam jaringan terpusat, terdapat istilah dumb terminal atau istilahnya yaitu terminal bisu, dimana terminal ini tidak memiliki alat pemrosesan data.

BACA JUGA : Perkembangan Generasi Bahasa Pemrograman Komputer


2. Jaringan Terdistribusi

Jaringan ini merupakan hasil gabungan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memingkinkan beberapa komputer server dan client dapat saling terhubung dan membentuk suatu sistem jaringan.

BACA JUGA : Manfaat Belajar Pemrograman Komputer atau Coding

C. Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Media Trasmisi Data

Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Media Trasmisi Data
Sumber : nesabamedia

1. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Dalam jaringan ini tidak diperlukan kabel, karena jaringan ini tanpa kabel tetapi dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media trasmisi datanya.

Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi/data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elekgromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter merupakan salah satu media trasmisi yang digunakan dalam wireless network.

BACA JUGA : Mengulas Lebih Dalam Tentang Coding atau Bahasa Pemrograman


2. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya untuk bisa saling bertukar informasi atau data yang terhubung dalam suatu internet. Salah satu media trasmisi yang digunakan dalan wired network ini adalah kabel UTP.

BACA JUGA : Cara Membuat Aplikasi Android di Appgeyser Untuk Blog Tanpa Coding

D. Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data

Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data
Sumber : nesabamedia


1. Jaringan Client Server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer client, biasanya yang terdiri dari satu komputer server dan beberpa komputer client.

Untuk tugas komputer server yaitu menyediakan sumber daya data yang nantinya akan digunakan oleh Komputer Client. Sedangkan komputer client mempunyai tugas yaitu menggunakan sumber daya data yang telah disediakan oleh komputer server.

BACA JUGA :Jasa Desain Murah, Baju, Foto, Banner, Logo, Pamflet Berkualiatas


2. Jaringan Peer to Peer

Dalam jaringan ini masing masing komputer baik itu komputer server ataupun komputer client mempunyai kedudukan yang sama, jadi komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.

Pada jaringan ini hanya membutuhkan 2 komputer dan 1 kabel saja untuk bisa saling terkoneksi dalam jaringan.




Akhir Kata

Nah itu dia penjelasan mengenai Pengertian, Sejarah, Manfaat, Topologi, dan Macam-Macam Jaringan Komputer.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian khususnya yang ingin tau lebih dala mengenai Jaringan Komputer.

Apabila kalian suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian, dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya.


Jaringan Komputer Reviewed by Ilfat Bariki on 11/25/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.