Macam-Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis


Macam Macam dan Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis– apa yang ada pikirkan setelah mendengar kata jaringan komputer? Pasti yang ada pikirkan bahwa jaringan komputer yaitu jaringan yang menghubungkan 2 atau lebih perangkat komputer agar bisa saling bertukar informasi atau berkomunikasi.

 Macam Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis



Kata jaringan komputer mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, karena mengigat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari.

Buat kalian yang belum mengetahui apa itu jaringan komputer, bisa simak ulasan lengkap mengenai pengertian jaringan komputer berikut ini.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem jaringan yang terdiri dari dua tau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain yang membentuk suatu jaringan komputer melalui media trasmisi atau media komunikasi, sehingga dapat berbagai informasi, data, aplikasi maupun berbagai sebuah internet.

Isitlah jaringan komputer ini sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung dalam suatu jaringan.

Tujuan dibagunya jaringan komputer yaitu agar informasi atau data yang dibawah si pengirim (transmitter) dapat diterima dengan baik kepada penerima (receiver).

Oke tidak usah banyak basa basi, langsung saja kali ini laptopsiipat akan membahas apa aja sih Jenis jaringan komputer menurut geografisnya, selengkapnya simak berikut ini ya.

BACA JUGA : Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer Lengkap

A. Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis


Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis
Sumber : nesabamedia


1. LAN

LAN merupakan kepanjangan dari Local Area Network merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, contohnya seperti di warnet, kantor, atau sekolah.

Umumnya jaringan LAN luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN menggunakan IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10 sampe 1000 MB/s.

Untuk jarak jaungkauan pada LAN adalah 5-10 km.

Selain menggunakan teknologi Ethernet, banyak juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN

BACA JUGA : Macam-Macam Jenis Topologi Jaringan Komputer

2. MAN

MAN atau kepanjangan dari Metropolitan Area Network merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali dengan kecepatan transfer data yang tinggi.

Bisa dibilang, jaringan MAN ini merupakan gabungan dari beberapa Jaringan LAN. Untuk jangkauan dari MAN ini berkisaran 10-50 km.

MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi untuk membuat suatu rancangan menjadi lebih simple.

BACA JUGA : Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data

3. WAN

WAN atau kepanjangan dari Wide Area Network merupakan jaringan berbasis luas yang mencakup daerah geografis yang luas, semisal antar negara bahkan benua.

WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringa nlokal sehingga dapat mempermudah untuk berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada pada lokasi yang berbeda.

Untuk jarak jaungkauan pada WAN bisa sampe 100 km – 1000 km.

BACA JUGA : Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Trasmisi Data

Yuk Apabila Ada yang Ingin Ditanyakan Seputar Blog atau yang Lainnya, Kalian Bisa Follow Founder (Admin) Laptop Si Ipat Dibawah Ini :

Instagram : @ilfatbariki
                  @laptopsiipat

Akhir Kata

Nah itu dia penjelasan mengenai Macam Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian khususnya yang ingin tau lebih dala mengenai Jenis jenis jaringan komputer berdasarkan geografis.

Apabila kalian suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian, dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya.
Macam-Macam Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis Reviewed by Mohamad Ilfat Bariki on 12/15/2017 Rating: 5

1 komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close