Cara Memilih Kartu Memori Terbaik

Cara Memilih Micro SD Atau Hardisk Terbaik | Microsd Terbaik dan Tercepat | 188bet - Perangkat-perangkat baru dengan teknologi yang semakin canggih semakin ramai mewarnai dunia teknologi pada beberapa tahun belakangan ini. Tentunya, dengan teknologi yang semakin canggih, kebutuhan akan ruang penyimpanan juga bertumbuh dengan pesat. Pekan lalu misalnya, Sandisk baru saja mengenalkan produk teranyar mereka, kartu MicroSD dengan kapasitas 400GB. Meski terlihat besar, kapasitas ini bisa saja menjadi terlalu kecil jika melihat kecenderungan perkembangan teknologi dewasa ini. 


Cara Memilih Kartu Memori Terbaik

Kapasitas seringkali menjadi alasan bagi sebagian besar kalangan ketika mereka mempertimbangkan membeli kartu memori. Namun, sebenarnya di balik itu, ada beberapa parameter lain yang bisa membantu Anda untuk memilih kartu memori terbaik untuk dibeli. Berikut beberapa pertimbangan yang patut Anda perhitungkan.


Jenis kartu


Dewasa ini terdapat berbagai macam kartu penyimpanan, mulai dari XQD yang canggih hingga versi yang lebih jadul, Compact Flash. Namun, khusus untuk kesempatan ini, kita akan lebih berfokus pada kartu SD dan MicroSD.

Kebanyakan dari kamera digital sekarang menggunakan kartu SD. Beberapa model kamera bahkan menggunakan 2 kartu memori untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang cukup. Ponsel pintar dan beberapa perangkat pada umumnya menggunakan versi kartu SD yang lebih ringkas, atau yang disebut dengan Micro SD. Meski ukurannya terbilang lebih kecil dari kartu SD yang standar, kapasitasnya tetap sama. Hal ini tentu bermanfaat terutama buat para pengguna ponsel pintar yang membutuhkan ruang penyimpanan besar. Jadi, bagi Anda yang suka menggunakan ponsel pintar Anda untuk bermain atau mengakses situs seperti 188bet, Anda tak perlu khawatir lagi. 

Kapasitas penyimpanan

Bahkan berkat perkembangan teknologi, kini tersedia versi kartu SD yang lebih mutakhir, yakni SDHC dan SDXC. Berbeda dengan kartu SD standar, kapasitas penyimpan SDHC dan SDXC jauh lebih besar, hingga mencapai 16 kali lipat. Hal ini dimungkinkan berkat penerapan FAT32 pada kartu SDHC. Sedangkan berkat penerapan sistem exFAT pada kartu SDXC, Anda bisa memperoleh ruang penyimpanan hingga 2 TB. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua perangkat mendukung SDXC. Maka, ada baiknya memeriksa jenis kartu yang didukung perangkat Anda sebelum membeli kartu memori.


Kecepatan transfer

Fitur yang satu ini tidak kalah penting. Fitur ini menentukan seberapa cepat suatu kartu memori dapat membaca dan menulis data. Fitur ini akan menjadi semakin penting jika Anda menggunakan kartu memori tersebut untuk keperluan perekaman video dengan kualitas tinggi, seperti 4K. Namun perlu diingat, bahwa seiring usia kartu memori Anda, kecepatan transfernya mungkin mengalami perubahan. Selain itu, belum semua produsen kartu memori menerapkan standar kecepatan transfer yang sama di seluruh produk kartu memori yang beredar di pasaran. 


Kecepatan baca

Kecepatan baca atau read speed adalah indicator seberapa cepat Anda bisa memasukkan data ke dalam suatu kartu memori. Semakin tinggi kecepatan baca kartu memori Anda, semakin cepat Anda bisa memindahkan suatu berkas (dokumen, musik, gambar, video, atau aplikasi) ke dalam kartu memori tersebut. 

Berikut cara sederhana mengetahui kecepatan baca kartu memori Anda. Jika ada angka tertulis di sana, misalkan 1000x atau 150 MB/s, angka ini sebenarnya merujuk kepada kecepatan baca maksimum yang disematkan pada kartu memori tersebut. Dengan kata lain, jangan kecewa jika saat Anda menggunakannya, kecepatannya tidak mencapai angka tersebut. Sebenarnya angka tersebut masih bisa dicapai, tapi Anda perlu perangkat dengan kemampuan mumpuni yang bisa mengirimkan data dengan kecepatan yang serupa. Yang pasti, bukan perangkat keluaran lama 😊

Beberapa model kartu memori juga menyertakan angka Romawi tertentu di permukaannya. Angka ini merujuk pada kecepatan antarmuka kartu tersebut yang merujuk pada penggolongan Ultra-High Speed. Kartu dengan angka UHS-2 memiliki kecepatan berbeda dari kartu dengan tulisan non-UHS atau UHS 1. Kartu memori yang tidak terdapat tulisan UHS terbatas pada kecepatan 25 MB/s. Kartu golongan UHS-I dapat mencapai 104 MB/s, sedangkan kartu tipe UHS-II dapat mencapai 312 MB/s. Selain faktor-faktor ini, masih terdapat beberapa aspek lain yang bisa mempengaruhi kecepatan baca maksimum kartu memori, termasuk kompatibilitas dengan perangkat.

Kecepatan tulis

Kecepatan tulis mengukur kemampuan kartu memori untuk menyimpan data ke dalam modul memori di dalam kartu. Fungsi ini diberi istilah yang berbeda dengan kecepatan baca karena tujuannya yang berbeda. Alih-alih dinyatakan dalam kecepatan maksimum seperti kecepatan baca, kebanyakan produsen memilih menuliskannya sebagai kecepatan tulis minimum. Perbedaan ini disebabkan fakta bahwa jika kecepatan tulis suatu kartu memori jatuh drastis, bahkan untuk waktu yang singkat, hal ini bisa berdampak keapda kemkampuan kamera untuk merekam video ke dalam kartu. Fungsi ini sendiri menjadi semakin penting berkat pertumbuhan kebutuhan resolusi video yang meningkat pesat belakangan ini.

Cara paling umum untuk menyatakan kecepatan tulis adalah dalam tampilan angka di dalam lingkaran. Jika di atas kartu memori Anda ada angka 10 di dalam lingkaran, itu berarti kecepatan baca paling rendah yang dimiliki kartu memori Anda adalah 10 MB/s. Untuk merekam kamera dengan resolusi 4K sendiri, Anda butuh setidaknya kelas 6 (angka 6 di dalam lingkaran).

Selain itu, cara yang kini diterapkan untuk mengindikasikan kecepatan tulis dengan penggolongan kelas kecepatan UHS adalah angka 1 atau 3 di dalam bentuk huruf “U”. Kartu UHS 1 biasanya memiliki kecepatan tulis minimum 10 MB/s. Sedangkan jika kartu Anda memiliki tulisan 3 dalam huruf U, berarti kartu Anda tergolong UHS 3 dengan kecepatan tulis minimum 30 MB/s. 

Selain UHS dan angka di dalam lingkaran, ada pula penggolongan kecepatan tulis yang dikenal dengan Kelas Kecepatan Video atau Video Speed Class. Sistem ini diwakili oleh huruf V sebelum angka yang mewakili kecepatan transfer dalam satuan MB/s. Jadi, jika di kartu Anda tertera V10, maka kartu Anda dilengkapi dengan kecepatan tulis minimum 10 MB/s, sama seperti kartu kelas 10 atau kartu tipe UHS 1. 

Adapun yang membedakan sistem penggolongan terakhir dengan penggolongan lainnya adalah batas kecepatan yang didukung. Klasifikasi VSS memberi kesempatan produsen kartu memori untuk meningkatkan kecepatan tulis hingga minimum 90 MB/s untuk kategori V90. Jika memang ada kartu memori dengan kecepatan ini, maka ini sudah jauh di atas kebutuhan perekaman video tertinggi saat ini, yang baru mencapai 8K.


Akhir Kata


Nah itu dia Cara Kartu Memori Terbaik dan Berkualitas, Jadi, bagi Anda yang suka menggunakan ponsel pintar Anda untuk bermain Game atau mengakses situs seperti 188bet, Anda tak perlu khawatir lagi. 

Semoga Dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian khusunya buat kalian yang sedang mencari informasi mengenai Cara memilih kartu memori terbaik.
Cara Memilih Kartu Memori Terbaik Reviewed by Ilfat Bariki on 3/14/2018 Rating: 5

1 komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.