4 Cara Menghindari Konflik di Tempat Kerja

Cara Menghindari Konflik atau Drama di KantorBagi kamu yang baru terjun didunia pekerjaan tentunya kamu pasti kaget dong ketika ada kelakukan karyawan lain yang tidak mengasyikkan, seperti sering ngomongin orang dari belakang atau suka menilai pekerjaanmu dengan jelek.

Tapi sebenarnya sih itu wajar, namanya juga dunia kerja pasti semua orang berbodong-bodong untuk bisa menjadi yang lebih baik, Hal ini boleh kamu niatin dengan tujuan kamu ingin menjadi yang lebih baik dalam hal pekerjaan ataupun sikap.

Tapi yang tidak boleh itu ketika kamu berusaha untuk bisa menjadi lebih baik, tetapi kamu malah melakukan hal yang merugikan orang lain, seperti kamu menjatuhkan dia dengan cara kamu melakukan hal curang.

Pastikan setiap karyawan ingin sekali merasakan suasana kerja yang kondusif dan menyenangkan, Namun pada kenyataanya kalau suasana kerja yang kondusif itu tidak selalu bertahan terus menerus. Entah itu ada konflik ataupun drama. Terlebih lagi jika kamu bekerja di lingkungan perusahaan yang kompetitif

Ketika konflik terjadi di tempat kerja, pastikan performa karyawan dan kinerja perusahaanya pun menjadi taruhannya, Nah untuk itu jika konflik tengah terjadi di tempat kerja kamu, maka sebaiknya kamu menghindari dengan mengikuti tips dari Laptop Si Ipat dibawah ini.

Tips Menghindari Konflik atau Drama di Kantor



1.    Fokus pada hal-hal positif

hal-hal positif

Ketika kamu sedang mengalami konflik atau drama disekitar kamu, sebaiknya kamu tetaplah fokus pada hal-hal yang positif. Jangan sampe kamu ikut-ikutan ya, untuk itu jangan biarkan hal-hal negatif menguasai diri kamu, karena hanya akan memperkeruh keadaan. Jika rekan-rekan di kantor banyak yang menyikut demi merebut sang hati atasan, misalnya.

Ketimbang kamu ikut-ikutan melakukan hal yang sama dan terlibat dalam persaingan yang tidak sehat, lebih baik kamu mengalihkan perhatian pada hal-hal yang bisa memotivasi diri kamu. Coba bayangkan pencapaian apa yang kamu akan raih dalam tiga tahun ke depan, lalu buat rencana apa saja yang perlu kam lakukan untuk dapat mewujudkannya dengan tindakan yang jujur dan tidak merugikan orang lain. Dengan begitu, kamu jadi tak punya waktu untuk memikirkan drama yang tidak penting.


BACA JUGA : Tips Berguna Buat Karyawan Baru, Biar Cepat Akrab & Lebih Produktif!


 

2.    Hargai pendapat orang lain

Hargai pendapat orang lain


Saling menghargai merupakan salah satu upaya kamu untuk dapat membangun hubungan yang harmonis di antara rekan kerja. Untuk itu kita harus menghargai pendapat orang lain dan yang harus kamu ketahui tidak semua orang memiliki pendapat yang sama dengan kamu, belum tentu juga pendapatmu lah yang lebih benar.

Ketika menghadiri meeting, misalnya, kamu bisa menjadi pendengar yang baik ketika rekan kerja yang berbicara atau memberi pendapat. Ketika menghadapi beda pendapat. Cobalah untuk melihat setiap permasalahan dari berbagai sudut panjang, Dengan begitu kamu dan rekan kerja dapat terhindar dari konflik.


BACA JUGA : 5 Syarat Ini Harus Dimiliki Kalau Mau Jadi Freelancer Sukses

3.    Hindari bergosip

begosip di kantor

Nah kebiasaan yang satu ini nih yang dapat mengacuh konflik ataupun drama di tempat kerja. Bersosialisasi di tempat kerja memang penting. Namun jika yang dibicarakan adalah gosip tentang atasan ataupun rekan kerja. Lebih baik kamu tahan diri agar kamu tidak ikut-ikutan ya.

Lagian apa sih manfaatnya gosip? Engga ada manfaatnya sama sekali lohh, lebih baik kamu ngomongin hal-hal yang positif tentunya itu akan sangat bermanfaat juga kok buat kamu.






BACA JUGA : 4 Karakter Karyawan yang Akan Kamu Temui di Tempat Kerja Baru


  4.    Fokus untuk menjadi pemecah masalah, bukan pengaduk masalah

pemecah masalah

Ketika disekeliling kamu sedang ada konflik ataupun masalah antar karyawan, lebih baik kamu berusaha untuk meredamkan masalah tersebut dan bisa membantu untuk menyelesaikan masalah ya. Jangan sampai kamu malah menjadi tukang kompor yang malah menambah parah suasana.

Tapi yang paling penting kamu harus bersikat netral ya dan tidak berpihak pada siapapun, karena sikap adil itu akan dapat menyelesaikan masalah dengan mudah.


BACA JUGA : 5 Cara Menyulap Pekerjaan Membosankan jadi Menyenangkan

 

Akhir Kata


Nah itu dia tips dari saya seputar cara menghindari konflik atau drama di kantor. Gimana apakah kamu berhasil? Saya yakin pasti berhasil, karena pada intinya yang bisa menghindari itu dari diri kamu sendiri bukan orang lain. Jika kamu niat dan berusaha untuk tidak melakukan yang aneh-aneh dan tidak merugikan orang lain pasti semuanya akan baik-baik aja kok hehe.


Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca setia Laptop Si Ipat.

Apabila kamu suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya terima kasih.
4 Cara Menghindari Konflik di Tempat Kerja Reviewed by Ilfat Bariki on 7/27/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close