Pengertian, Tingkat, Tugas, dan Keahlian yang Diperlukan Programmer atau Developer

Pengertian Programmer atau Developer 


Profesi programmer atau developer adalah profesi yang sering kita dengar, karena memang profesi ini sudah ada sejak diciptakannya sistem komputer, selain itu profesi ini sangat dibutuhkan di perusahaan.


Pengertian Programmer | Pengertian Developer | Tingkat Programmer | Tugas Programmer | Keahlian Pemrograman
Unplash.com/Charles Deluvio
Untuk menjadi seorang programmer kita harus mempunyai keahlian dalam algoritma dan penguasaan terhadap beberapa bahasa pemrograman.

Programmer adalah profesi inti atau tulang punggung dari terciptanya suatu sistem aplikasi ataupun software, Karena tidak akan terwujud sebuah sistem aplikasi atau software tanpa adanya programmer.

Nah itu dia penjelasan singkat dari programmer, kali ini saya akan memberikan tingkatan seorang programmer berdasarkan skill-nya.

 
BACA JUGA : Mengulas Lebih Dalam Tentang Coding atau Bahasa Pemrograman

Tingkatan Seorang Programmer Berdasarkan Skill Level


1. Novice Programmer


Novice merupakan tingkatan paling rendah programmer dalam skill-nya. Ini bisa dibilang merupakan level pemula, yang masuk level ini adalah mereka yang baru mengenal pemrograman.


2. Advance Beginner Programmer


Tingkatan selanjutnya yaitu Advance Beginner Programmer. Programmer yang berada di level ini tentunya sudah memiliki skill yang lebih tinggi dari pada Novice Programmer. Karena sudah lebih banyak belajar mengenai programming. Selain itu, programmer di level ini sudah tidak terlalu kaku dengan konteks lagi, karena dia sudah mempelajari dan sudah menerapkannya. Misalnya dia mempelajari panduan untuk membuat sebuah aplikasi kalkulator, nah dia sudah bisa menyesuaikan mana yang akan dia butuhkan dan mana yang ia tidak butuhkan dari panduan tersebut.


3. Competent Programmer


Level ini tentunya sudah mempunyai level yang cukup tinggi. Seorang yang berada pada tingkatan ini biasanya sudah memiliki pengalaman yang cukup. Ciri utamanya adalah dia telah mampu melakukan troubleshooting terhadap sistem, selain itu ia mampu menyelesaikan masalah yang bahkan belum ia temui sebelumnya dari bekal pengalaman per-codingannya. Dalam belajar, programmer di level ini sudah bisa mandiri dan bisa mengekplorasi sendiri. Kunci kekuatan utamanya adalah pengalaman.


4. Proficient Programmer


Tingkatan selanjutnya sudah bisa dibilang master, yaitu Proficient Progammer. Seorang programmer yang sudah mencapai pada level ini biasanya cenderung melihat sesuatu dengan secara keseluruhan. Tidak hanya mempelajari dan menerapkan satu fungsi saja, tetapi benar-benar ingin mengetahui bagaimana sesuatu itu berjalan.

Dengan pengetahuannya yang menyeluruh terhadap sesuatu terkadang dia bahkan mampu memberitahukan dimana letak kesalahan sebuah kode pada sistem, bahkan tanpa menjalankan kode tersebut.


5. Expert Programmer


Sesuai dengan namanya yaitu Expert Programmer, Pada level ini adalah level paling tinggi yang dilihat dari skillnya. Dari merekalah muncul karya-karya yang luar biasa. Mereka tidak hanya mempelajari sebuah konsep secara keseluruhan dari sebuah tools, tapi mereka malah menciptakan suatu tools. Selain itu mereka dapat membuat bahasa pemrograman, framework, library, IDE, dan mereka juga membuat buku, sehingga dari merekalah kita dapat belajar banyak hal.
 

Nah itu dia 5 tingkatan seorang programmer dari skill, oke sekarang kita lanjut ke tugas dan keahlian yang harus dimiliki oleh seorang programmer.

BACA JUGA : Manfaat Belajar Pemrograman Komputer atau Coding

 

Tugas dan Keahlian yang Harus dimiliki oleh Seorang Programmer

Tugas :

  1. Membangun atau mengembangkan software terutama pada tahap construction dengan melakukan coding dengan bahasa pemrograman
  2. Mengimplementasikan requirement dan desain proses bisnis ke komputer dengan menggunakan algoritma atau logika dan bahasa pemrograman. 
  3. Melakukan pengujian terhadap software.
BACA JUGA : 10 Contoh Bahasa Pemrograman Komputer Populer di Indonesia


Keahlian yang Diperlukan :

  1. Menguasai Algoritma dan logika pemprograman (ini penting sekali)
  2. Memahami metode, best practice dan tool/pemodelan pemprograman seperti OOP, design pattern, UML (kemampuan membaca dan menerapkan)
  3. Menguasai salah satu atau beberapa bahasa pemprograman populer seperti C++, VB, PHP, C#, Java, Ruby dll (untuk web developer perlu juga menguasai HTML, DHTML, CSS, JavaScript dan AJAX)
  4. Memahami RDBMS dan SQL (Structured Query Language)
  5. Menguasai bahasa Inggris (hal ini sangat penting saat ini karena bahasa en-US merupakan bahasa ibu di dunia IT)
Source :  

https://www.codepolitan.com/tingkatan-seorang-programmer-berdasarkan-skill-level

https://choirulyogya.wordpress.com/profesi-ti/1-programmerdeveloper/

Akhir Kata


Nah itu dia penjelasan mengenai Pengertian, Tingkat, Tugas, dan Keahlian yang Diperlukan Programmer atau Developer. Jadi sudah tau lebih dalam mengenai programmer? Kalau kamu tertarik ingin menjadi programmer, mulailah dari sekarang untuk belajar dan belajar hehe.


Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca setia Laptop Si Ipat.

Apabila kamu suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya terima kasih
Pengertian, Tingkat, Tugas, dan Keahlian yang Diperlukan Programmer atau Developer Reviewed by Ilfat Bariki on 8/24/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.