5 Tantangan yang Harus Dihadapi Bagi Para Penulis


Menjadi penulis itu asik dan juga menyenangkan karena kita bisa menuangkan ide kita untuk ditulis agar bisa bermanfaat kepada pembaca. Untuk media tulisnya bukan hanya di atas tinta saja, melainkan banyak media seperti media blog, website, ataupun majalah.
 

5 Tantangan yang Harus Dihadapi Bagi Para Penulis
Unplash.com/Kinga Cichewicz
Dari sebagian orang, Menulis itu bukan hanya sekedar merangkai kata hingga indah dan membuat pembaca senang. Tapi menulis sudah menjadi bagian rutinitas yang membuatnya makin bersemangat dan ketagihan untuk melakukannya.

Menulis banyak manfaatnya lho. Selain bisa memberikan manfaat kepada pembaca, menulis juga bisa menuangkan isi hati. Tak sekedar itu saja menulis bisa menjadi pelampiasan ambisi, tapi juga sebagai pengobat hati.

Namun siapa sangka, bagi para penulispun juga bisa mengalami yang namanya jenuh, bosan, dan masalah yang lainnya yang mengganggu aktivitasnya menulis. Untuk itu para penulis harus bisa menghadapi 5 tantangan ini agar bisa tetap menjadi penulis yang baik dan konsisten.

Inilah 5 Hambatan Bagi Para Penulis



1.    ‘Stuck’ dan binggung mencari ide


Unplash.com/Jonathan Rados
Inilah hambatan yang sering dialami bagi para penulis. Bagi para penulis hal ini sudah biasa dialami karena memang kalau lagi boring pasti binggung ingin menulis apa.

Jadi terbukti kalau menulis itu bukan hanya merangkai kata saja. Tapi menuangkan setiap ide yang dimiliki agar bisa dibaca dan dipahami dengan muda oleh pembaca. 


Terkadang memang kalau kita lagi tidak mood membuat tulisan pastinya kita binggung mau nulis apa. Tentunya bagi para penulis hal ini harus dihadapi. Biar kamu tetap mood menulis, cobalah kamu keluar cari alam bebas untuk menikmati keindahan alam sambil menulis. Pastinya ide-ide akan mudah masuk kedalam pikiran anda.

BACA JUGA : 5 Cara Mudah Untuk Cepat Naik Jabatan Kerja

 

2.    Tulisan yang membosankan

Unplash.com/Brent Gorwin's

Sebagai penulis tentunya kamu harus bisa membuat tulisan yang enak dibaca dan tidak membosankan. Karena kalau pembaca tidak menikmati hasil tulisan kamu, pastinya pembaca enggan untuk membacanya lagi.

Untuk itu kita sebagai penulis harus bisa lebih kreatif agar tulisan kita akan mudah disukai oleh pembaca. Untuk mengetahui apakah tulisan kamu itu membosankan atau tidak, kamu bisa coba dengan membaca tulisanmu sendiri. Kamu akan menemukan dimana kamu merasa tidak pas membacanya dan butuh tambahan kata lagi yang lebih menarik.

BACA JUGA : Tidak Hanya Pintar, 6 Hal Ini Juga Dibutuhkan Oleh Perusahaan!

 

3.    Belum menemukan gaya bahasa & penulisan sendiri

Unplash.com/Thought Catalog

Setiap penulis pastinya mempunyai gaya bahasa yang berbeda-beda. Ada yang mempunyai ciri khas tersendiri ada juga yang selalu mengikuti ciri khas orang lain.

Terkadang yang membuat karya kurang menarik, karena hasil mencotek tulisan orang lain. Hal ini harus kita bisa ubah. Kita harus bisa berusaha untuk memberikan gaya bahasa yang menarik dan berbeda dari yang lain.

Mulailah merangkai kata dan buatlah tulisan yang menarik dan mempunyai ciri khas, agar nanti kita akan terkenal dengan gaya bahasa kita tersendiri.

BACA JUGA : 5 Tanda Kamu Fresh Graduate yang Sukses dan Siap Kerja!

 

4.    Konsisten itu sulit tapi menantang

Unplash.com/Kyle Geogry

Konsisten merupakan hal penting yang harus kita miliki. Sebagai penulis tentunya konsisten adalah nomor 1 agar kita tetap maju dan berkarya.

Banyak para penulis yang gagal karena tidak konsisten. Memang kita harus bisa melawan ego kita, apalagi  kalau kita lagi dalam keadaan lelah atau melakukan hal lain sehingga urusan menulismu sedikit terabaikan.

Untuk bisa mengatasi hal tersebut, Mulailah set kembali alur kerjamu. Tentukan lagi target dan waktunya. Tegaslah pada dirimu sendiri. Jika kamu tak sempat membuka laptop, maka di kertas pun kamu juga bisa tetap menulis. Jadi yang terpenting konsisten, agar nantinya hobi kita akan cepat berkembang.

BACA JUGA : 4 Keahlian yang Harus Dimiliki Pencari Kerja Jaman Now

 

5.    Media yang itu-itu saja

Unplash.com/Elijah O Donnel

Di jaman sekarang ini teknologi sudah berkembang, kamu bisa lakukan apa saja di Internet. Mulai dari membaca informasi hingga melakukan sesuatu yang bermanfaat.

Sejak dulu kita hanya bisa menulis di atas kertas saja, tetapi seiring berkembangnya jaman. Sekarang kita sudah bisa berpindah dari hanya di atas kertas sekarang sudah diatas media online seperti blog, website, atau media sosial lainnya.

Apalagi di jaman sekarang ini sangat mudah lho untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Salah satunya jadi penulis online. Kamu bisa menjadi penulis lepas atau kamu bisa menjadi penulis di blogmu sendiri. Tentunya nantinya hasil tulisanmu akan bisa menjadi pundi-pundi rupiah.

BACA JUGA : Cara Mudah Menjadi Penulis Babe, Dibayar Jutaan Rupiah Menjadi Penulis Di Babe

 

Akhir Kata


Nah itu dia 5 Tantangan yang Harus Dihadapi Bagi Para Penulis. Jadi pada intinya kita harus tetap konsisten terhadap pencapaian kita. Kalau misalkan pencapaian kamu ingin menjadi penulis. Tentunya kamu juga harus bisa berusaha semaksimal mungkin untuk tetap memberikan hasil tulisan yang menarik dan bermanfaat kepada pembaca. Sebenernya hal terberat yang harus kita lawan yaitu ego diri kita sendiri.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca setia Laptop Si Ipat.



Apabila kamu suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian ya. Terimakasih:)




5 Tantangan yang Harus Dihadapi Bagi Para Penulis Reviewed by Ilfat Bariki on 10/26/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.