5 Cara Bijak Atasi Perselisihan di Bulan Puasa



Terkadang perselisihan kerap muncul disaat situasi sedang tidak kondusif. Misalnya, kamu sedang emosi karena gagal dalam menggapai sesuatu. Ketika ada seseorang yang mengorbankan api, pastinya kedua tersebut sudah pasti akan memicu perselisihan.

Di bulan puasa ini, kita dilarang untuk melakukan perselisihan. Pasalnya, perselisihan dapat membatalkan puasa. Nah, agar kamu bisa atasi perselisihan. Berikut Laptop Si Ipat akan memberikan 5 langkah bijak mengatasi perselisihan di bulan Ramadan.

5 Tips Bijak Atasi Perselisihan di Bulan Puasa

1.    Istigfar

Cara tepat mengatasi perselisihan antar manusia adalah dengan beristigfar. 
Dengan begitu, hati kamu akan terasa damai dan tenang. Selain itu, puasa kamu akan menjadi sempurna. Kamu juga bisa membaca Al-Quran dan berwudhu untuk menjalankan kewajiban.

BACA JUGA : Pasti Berhasil! Ini 5 Tips Menahan Amarah Saat Puasa

 

2.    Hindari debat kusir

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Itu juga berlaku untuk seseorang yang sedang menghadapi perselisihan, Menghindari debat adalah salah satu cara untuk mencegah perselisihan. Debat boleh saja kok, tapi harus ada aturannya ya dan tetap dalam kondisi yang kondusif. Kamu juga harus mengontrol ego ya agar terhindar dari konflik.

BACA JUGA : Dijamin Berhasil! 5 Tips Jitu Menghindari Ghibah Saat Puasa

 

3.    Jangan saling menyalahkan

Ketika kamu sedang mengalami perselisihan, entah dengan keluarga atau teman kamu. Jangan sampai kamu salahkan diri kamu dan orang lain ya. Karena hal itu akan semakin memperburuk keadaan. Cara yang tepat adalah bersikap dewasa dan tetap menghargai setiap pemikiran orang lain dengan menerapkan prinsip-prinsip kebersamaan. Dengan begitu, tali persaudaraan akan tetap terikat.

BACA JUGA : Be Positive! Ini 5 Cara Menyikapi Orang yang Suka Gosipin Kamu

 

4.    Ajak pihak ketiga untuk menyelesaikan perselisihan

Jika tidak menemukan solusi dan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah yang terjadi, tidak ada salahnya untuk mengajak orang ke tiga yang bersifat netral untuk membantu. Pihak netral biasanya memiliki saran dan pendapat yang tidak menyalahkan dan membenarkan pihak mana pun yang sedang berselisih. Dengan adanya campur tangan pihak ke tiga, maka kamu bisa menemukan titik cerah atas pertikaian yang selama ini terjadi.

BACA JUGA : Jangan Berpikir Negatif! Berikut 5 Cara Menyikapi Orang yang Tidak Pernah Menghargai Kerja Kerasmu

 

5.    Bicarakan baik-baik akar dari perselisihan

Kunci dalam menghadapi perselisihan adalah bicara baik-baik. Jangan emosi. Tenangkan hati dan cobalah selesaikan dengan jalan damai tanpa mengeluarkan urat dan otot. Percaya deh, saat semua masalah dibicarakan dengan baik-baik, maka perselisihan akan mudah terselesaikan dengan cepat dan baik.

BACA JUGA : 4 Cara Menghindari Konflik di Tempat Kerja

 

Akhir Kata

Nah itu dia 5 Langkah Bijak Atasi Perselisihan di Bulan Puasa. Jadi pada intinya, kita sebagai manusia sosial yang seharusnya membutuhkan bantuan orang lain. Tidak perlu deh adanya pertikaian atau perselisihan, karena pada dasarnya kita sama-sama saling membutuhkan.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca 
setia Laptop Si Ipat.

Apabila kamu suka dengan artikel ini kamu dapat share ke teman-teman kamu ya. Terimakasih:)


5 Cara Bijak Atasi Perselisihan di Bulan Puasa Reviewed by Mohamad Ilfat Bariki on 5/28/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close