Catat! 7 Alasan Kenapa Kamu Tak Dipanggil Lagi Setelah Interview Kerja

Unsplash.com/Daoud Abismail
Dalam proses rekruitmen pekerjaan, ada beberapa tahap yang akan kamu lalui. Biasanya kamu akan dihadapi dengan tahap test psikologi, kesehatan, keahlian, dan interview. Biasanya kandidat sering kali melalaikan pada saat tahap interview. Mereka sering melupakan etika dan ketentuan dalam interview yang baik dan benar.

Pada tahap interview, biasanya akan ada banyak kandidat yang merasa tegang dan sulit untuk menikmati proses interview yang sedang berlangsung. Alhasil, banyak sekali kandidat yang gagal pada tahap ini.

Jika kamu sudah melaksanakan tahap interview tapi tak dipanggil lagi, coba deh, kamu perhatikan 7 hal ini. Jika kamu pernah melakukannya, segera perbaiki, ya!

7 Alasan yang Membuatmu Tak Dipanggil Lagi Setelah Interview Kerja


1.    Kamu datang terlambat

lingkupkerja.com
Perusahaan tidak membutuhkan kandidat yang suka menyepelekan waktu. Perusahaan akan mencari kandidat yang tepat waktu dan tidak suka terlambat. Jika kamu datang terlambat saat interview, siap-siap saja kamu akan gugur dan tidak akan di proses lebih lanjut lagi.

Agar kamu bisa menyempurnakan proses interview, sebaiknya kamu datang 15 menit lebih awal, ya! Lagi pula, kamu bisa gunakan waktu itu untuk membaca seputar informasi perusahaan atau sekedar merenggangkan otot biar tidak tegang nantinya.


BACA JUGA : Tetap Semangat! Ini 5 Manfaat yang Kamu Dapat Saat Lamaran Kerja Ditolak

 

2.    Kamu tidak berpakaian rapi

milinealkreatif.wordpress.com
Cara kamu berpakaian juga bisa mencerminkan kepribadian kamu, lho. Makanya pihak perusahaan sangat mengamati cara berpakaian kamu. Tentunya perusahaan tidak mau kalau kandidatnya berpakian amburadul dan tidak rapi.

Berpakaian sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar, pilih pakaian yang sopan, ya. Kamu juga harus memperhatikan kebersihan badanmu, jika badanmu terasa bau, segeralah bersihkan dan pakailah pewangi agar HRD nyaman mengobrol denganmu.


BACA JUGA : Segera Koreksi! Ini loh 7 Alasan Kenapa Kamu Sulit Diterima Kerja

 

3.    Kamu tidak mematikan ponselmu

Unsplash.com/Utsman Media
Memainkan ponsel saat interview menandakan bahwa kamu tidak profesional. Walaupun hal ini terkesan sepele, banyak sekali kandidat yang gagal karena tidak bisa lepas dari ponsel saat proses wawacara kerja.

Agar proses interviewmu berjalan dengan lancar, ada baiknya kamu meletakkan ponsel di dalam tas dan mengatur menjadi silet mode. Jika kamu memang lupa dan tiba-tiba ponsel berbunyi, segeralah minta maaf dan izin untuk mematikannya.


BACA JUGA : Segera Pelajari! Ini 6 Kriteria Penilaian dalam Wawancara Kerja

 

4.    Kamu tidak tahu banyak informasi tentang perusahaan yang kamu lamar

interview-skills.co.uk
Interview bukan sekedar menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan skill kamu. Biasanya pihak HRD akan menanyakan kepada kamu tentang pengetahuan yang kamu tahu seputar perusahaan yang sedang sedang kamu lamar. Untuk itu, siapkan segala informasi mengenai perusahaan terkait sebelum kamu siap diwawancara. Jangan sampai ketika kamu ditanya, kamu malah geleng-geleng kepala, ya. Karena hal itu bisa berdampak buruk bagi kelangsungan proses interview.

BACA JUGA : 6 Cara Jitu Menghadapi Interview Kerja Untuk Introvert

 

5.    Kamu terlalu agresif dalam membicarakan gaji

td.org
Boleh saja kok kamu menanyakan gaji kamu, tapi jangan terlalu berlebihan dan ada waktu yang tepat, ya. Banyak sekali kandidat yang terlalu agresif dalam menanyakan perihal gaji, tunjangan, keutungan, bonus, dan lain sebagainya. Disarankan sih kamu tidak menanyakan soal itu. Karena perusahaan akan menganggap kamu adalah sosok yang lebih tertarik dengan keutungan perusahaan, ketimbang memberikan kontribusi lebih pada perusahaan.

Wawancara adalah waktu yang paling berharga bagimu untuk menujukkan siapa dirimu dan apa kelebihan yang kamu miliki. Jadi, jika pewawancara belum membicarakan topik mengenai gaji atau benefit, jangan dibicarakan duluan, ya.


BACA JUGA : Gawat!! Jangan Sampai 4 Hal Ini Ditanyakan Saat Interview Awal

 

6.    Kamu tidak memiliki pertanyaan saat akhir interview

 
listelist.com

Biasanya pihak HRD akan memberikan waktu buat kamu untuk menanyakan sesuatu yang belum kamu ketahui pada akhir interview. Jika kamu diam saja dan tidak memiliki pertanyaan untuk ditanyakan, siap-siap saja kamu akan dianggap sebagai pribadi yang tidak memiliki pola pikir yang luas.

Maka dari itu, siapkan segala pertanyaan yang belum kamu ketahui sebelumnya. Meski sebatas pertanyaan sederhana, hal itu mungkin bisa jadi nilai plus buatmu, lho.


BACA JUGA : 4 Cara Menjawab Pertanyaan Interview “ Apa Rencanamu 5 Tahun Ke Depan?”

 

7.    Kamu tidak masuk dalam kualifikasi

Setiap perusaan pastinya memiliki kualifikasi tersendiri, jika kamu tidak dapat diproses lanjut, itu tandanya kamu kurang memenuhi persyaratan dan kualifikasi. Tapi tenang, kamu masih punya banyak kesempatan untuk mencoba kembali dan mencari pekerjaan lainnya. Intinya jangan mudah menyerah, ya! Percaya deh, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Semangat!BACA JUGA : 5 Kesalahan Kecil Saat Wawancara Kerja yang Berakibat Fatal

 

Akhir Kata

Nah itu dia 7 Alasan Kenapa Kamu Tak Dipanggil Lagi Setelah Interview Kerja. Yuk mulai dari sekarang jauhkan kebiasaan buruk di atas yang bisa membuatmu gagal dalam proses rekrutmen pekerjaan. 


Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca setia Laptop Si Ipat.

Apabila kamu suka dengan artikel ini kamu dapat share ke teman-teman kamu ya. Terimakasih:)

Catat! 7 Alasan Kenapa Kamu Tak Dipanggil Lagi Setelah Interview Kerja Reviewed by Mohamad Ilfat Bariki on 6/17/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close