Catat! Ini 5 Cara Sopan Menolak Tawaran Kerja Tanpa Memutuskan Relasi

Unsplash.com/Hannah Wei
Menolak tawaran pekerjaan memang hal yang wajar, karena kamu punya hak atas kehendak sendiri. Jika menurut kamu itu wajib ditolak, kenapa tidak? Mungkin kamu punya pilihan tersendiri yang sudah kamu pikirkan secara matang agar tidak menyesal nantinya.

Dalam menolak tawaran pekerjaan, kamu jangan asal tolak mentah-mentah begitu saja, ya. Kamu wajib bersikap ramah dan profesional agar suatu saat nanti bisa menjadi awal relasi jangka panjangmu. Berikut ini 5 cara sopan menolak tawaran kerja yang baik dan benar.

5 Cara Sopan Menolak Tawaran Pekerjaan yang Baik dan Benar



1.    Jika kamu menerima email tawaran kerja, sesegera mungkin balas dan jangan sampai tidak dibalas

Unsplash.com/William Iven
Jika kamu lolos pada tahap seleksi, biasanya pihak HRD akan menghubungi kamu entah lewat email atau telfon. Nah, jika menurutmu pekerjaan itu layak ditolak, jangan menunda-nunda waktu untuk membalasnya. Disituasi seperti ini, pasti HRD akan menunggu kepastian darimu yang sudah dianggap sebagai kandidat yang kompeten.

Membiarkan HRD menunggu terlalu lama bisa berdampak buruk bagi karirmu. Salah satunya, kamu bisa dicap sebagai pribadi yang terlalu acuh dan bisa dibilang sombong.


BACA JUGA : Tetap Semangat! Ini 5 Manfaat yang Kamu Dapat Saat Lamaran Kerja Ditolak

 

2.    Ketika membalas, jangan lupa gunakan kata-kata sopan misalnya, “Terima kasih”

Unsplash.com/Kev Costello
Dengan memberikan sebuah ucapan “Terima kasih” dan serangkai alasan penolakanmu, HRD akan menghargai keputusan kamu, dibanding kamu tidak membalasnya sama sekali. Hal ini karena upaya HRD untuk melakukan perekrutan karyawan tidaklah mudah. Pasalnya, ia bisa menghabiskan waktunya untuk wawancara dan serangkaian tes yang cukup melelahkan.

Ketika kamu menolak tawarannya, tentu saja ia harus memulai dari 0. Ia harus mencari kandidat yang setara denganmu atau memilih kandidat yang lebih baik. Berikut contoh kalimat penolakan tawaran kerja yang sopan, “Terima kasih sudah memberikan saya kesempatan untuk bergabung di perusahaan Anda. Namun mohon maaf, saya sudah memberikan keputusan terbaik saya untuk menolak tawaran tersebut karena ….” 


BACA JUGA : Segera Koreksi! Ini loh 7 Alasan Kenapa Kamu Sulit Diterima Kerja

 

3.    Jelaskan alasan penolakan tawaran kerjamu dengan bijak dan jujur

Unsplash.com/Mimi Thian
Setiap ada keputusan pasti ada alasannya. Nah, kamu bisa berikan alasan penolakan tawaran kerja tersebut dengan bijak dan jujur, ya. Jangan sampai kamu memberikan alasan yang tidak masuk akal. Karena hal itu bisa menganggap bahwa kamu hanya main-main saja dalam melamar pekerjaan di kantornya.

Jika penolakan bersumber dari penawaran yang kurang cocok, bicarakan saja ketidakcocokanmu dari sisi mana. Apakah dari lingkungan yang tidak sesuai, gaji, lokasi yang terlalu jauh, dan lain sebagainya.


BACA JUGA : 7 Situs Lowongan Kerja Terbaik dan Terpecaya di Indonesia

 

4.    Meski kamu akan menolak tawaran kerja, jangan sampai kamu acuhkan begitu saja. Bisa jadi, suatu saat kamu memerlukannya lagi

Unsplash.com/Avi Richards
Jangan sampai ketika kamu menolak tawaran kerja, kamu berpikir tidak akan berhubungan lagi dengan perusahaan yang ditolak. Itu salah besar! Mungkin saat ini, perusahaan tersebut belum menarik di matamu. Tapi 2-4 tahun lagi, bisa jadi mereka bisa lebih maju dan menarik di matamu. Oleh karena itu, tetaplah bersikap sopan dan jangan di acuhkan begitu saja.

Jika sekarang saja sikapmu sudah jelek di mata HRD, pasti saat kamu melamar kerja lagi di sana, mereka tidak akan segan-segan menolak tawaran kerjamu.



BACA JUGA : Segera Pelajari! Ini 6 Kriteria Penilaian dalam Wawancara Kerja

 

5.    Tetaplah bangun relasi dengan HRD bahkan perusahaan yang kamu tolak itu. Bisa jadi, suatu saat nanti kamu akan bekerja sama dengannya

Unsplash.com/MD Duran
Walaupun kamu menolak tawaran kerja tersebut, sebisa mungkin, bangunlah relasi dengan HRD atau perusahaan yang kamu tolak itu. Bukan masalah kamu terlalu serakah atau apa, tapi ini berhubungan dengan karier di masa mendatang. Bisa jadi, kantormu yang selanjutnya bakal menjalin kerja sama dengan perusahaan yang kamu tolak itu. Jika kamu berhasil menjalin hubungan profesional dengan baik sejak awal kamu melamar kerja disana, bukanlah jalanmu selanjutnya bakal lebih lancar?

BACA JUGA : Gawat!! Jangan Sampai 4 Hal Ini Ditanyakan Saat Interview Awal

 

Akhir Kata

Nah itu dia 5 Cara Sopan Menolak Tawaran Pekerjaan yang Baik dan Benar. Jadi pada intinya, walaupun kamu menolak segala sesuatu hal, disarankan untuk menanggapinya dengan bersikap sopan, ya. 


Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca setia Laptop Si Ipat.

Apabila kamu suka dengan artikel ini kamu dapat share ke teman-teman kamu ya. Terimakasih:)


Catat! Ini 5 Cara Sopan Menolak Tawaran Kerja Tanpa Memutuskan Relasi Reviewed by Mohamad Ilfat Bariki on 6/26/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close