Tanpa Disadari, 5 Hal ini Menandakan Bullying dalam Dunia Kerja

Depositphotos
Bullying? Mungkin kata itu sudah tidak asing lagi dalam dunia media sosial. Bukan media sosial saja, melainkan sekolah dan tempat kerja juga sering kali menciptakan kasus bullying. Banyak kasus bullying yang menimbulkan hal buruk pada diri seseorang. Salah satunya, beban pikiran yang bisa menyebabkan stres.

Dalam kasus bullying di dunia kerja, menurut saya, kasus ini sering kali terjadi. Pasalnya, di dunia kerja itu pasti kita menemukan orang yang sering sikut sana sini demi mendapatkan jabatan tinggi dan menyingkirkan orang lain.

Tanpa kita sadari, mungkin kita sering kali terkena bullying saat berada dalam lingkungan kerja. Coba deh, kamu perhatikan enam hal yang kerap dianggap sepele berikut ini. Jika kamu pernah mengalami, itu tandanya kamu terkena bullying.

5 Hal ini Menandakan Bullying dalam Dunia Kerja

1.    Menganggap remeh seseorang yang sedang stres karena pekerjaan

calaborlawnews.com
Ketika seseorang sedang mengalami stres akibat pekerjaan yang terlalu berat, namun lingkungan di sekitarnya tidak memberikan motivasi justru malah menganggap remeh stres yang ia alami. Lebih parahnya lagi, mengejek orang itu lemah karena tidak bisa kuat dengan beban pekerjaan. Hal ini sudah bisa dikatakan sebagai tindakan bullying dalam dunia kerja.

Padahal yang dibutuhkan itu adalah motivasi bukan meremehkan. Oleh karena itu, jika ada teman kerjamu yang sedang stres karena pekerjaan. Coba kamu berikan motivasi dan dukungan untuk tetap semangat.


BACA JUGA : Tanpa Disadari, 6 Kebiasaan Ini Buatmu Jadi Toxic People di Lingkungan Kerja

 

2.    Menyerang secara personal ketika debat pendapat

walkerlawsd.com
Dalam dunia kerja pastinya perusahaan membutuhkan pendapat pada masing-masing karyawan lain agar pekerjaan bisa berjalan dengan sukses. Tetapi, jika ada seseorang yang menyerang pendapatmu secara personal atau lebih parah lagi dia menjelek-jelekan dirimu di depan banyak karyawan, itu bisa disebut sebagai bullying dalam dunia kerja.

Untuk menanggapi hal itu, kamu hanya perlu bersabar dan tidak perlu direspon. Hargai saja apa yang mereka sudah katakan untukmu. Stay be positive:)


BACA JUGA : Jauhi Sekarang! Ini 7 Tipe Rekan Kerja yang Sangat Menjengkelkan

 

3.    Mempermalukan seseorang di depan banyak karyawan

magazine.job-like.com
Kamu pernah nggak dipermalukan di depan banyak orang lain oleh rekan kerjamu? Jika iya, katakan saja mereka adalah tukang bullying.

Mungkin mereka tidak suka denganmu, alhasil mereka ingin sekali menjatuhkanmu. Tentunya hal ini sangat sedih, malu, dan sakit hati.

Tapi cobalah untuk tetap tegar dan kuat. Percaya saja, bahwa Tuhan tidak tidur. Setiap rasa sabarmu itu akan menguatkanmu untuk tetap melangkah menuju kesuksesan. Biarkan mereka mencaci dan menjatuhkan dirimu. Tapi ingat, bahwa orang yang sabar bakal menang melawan orang yang angkuh.


BACA JUGA : Keep Calm, 5 Cara Menghadapi Suasana Kantor yang Kurang Menyenangkan

 

4.    Bercanda berbau SARA yang kelewat batas

woop.id
Bercanda juga ada batasnya. Walaupun terkesan sepele, ternyata bercanda terlalu berlebihan bisa menyebabkan seseorang stres, lho. Apalagi jika sampai bercandanya sudah berhubungan dengan SARA.

Lebih parahnya lagi, jika gurauan ini hanya ditunjukkan pada beberapa orang tertentu dan sering kali diucapkan dengan sengaja di depan banyak karyawan lainnya. Jika kamu mengalami hal ini, itu tandanya kamu sedang di bullying. Kamu bisa serahkan semuanya dengan pihak personalia, ya!


BACA JUGA : Susah Move On, Ini 5 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Ketika Meninggalkan Pekerjaan yang Dicintai

 

5.    Menyebarkan keburukan seseorang kepada banyak orang

tommcifle.com
Dalam realita dunia pekerjaan, untuk membahas tukang gosip sudah tidak perlu diperbicangkan lagi. Pasalnya, banyak sekali seseorang yang merasa iri dengan kemampuan orang lain, alhasil mereka menyebarkan keburukan atau isu yang tidak baik kepada banyak orang demi menjatuhkan.

Tukang gosip sama halnya dengan toxic people di lingkungan kerja. Ketika orang tersebut sudah mengeluarkan racunnya, maka semua orang disekitarnya akan terpengaruh.

Jika memang kamu memiliki masalah kepada satu orang atau lebih, cobalah untuk berbicara secara gantle di depan orangnya langsung. Asalkan kamu bisa memberikan pendapat yang baik dan tidak berbau menyerah secara profesional, masalah yang ada pasti akan mudah terselesaikan.


BACA JUGA : Be Positive! Ini 5 Cara Menyikapi Orang yang Suka Gosipin Kamu

 

Akhir Kata

Nah itu dia 5 Hal ini Menandakan Kamu Terkena Bullying dalam Dunia Kerja. Yuk jangan sampai kelima masalah di atas dibiarkan saja terus berlarut, karena dapat menghambat kemajuan karirmu.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca setia Laptop Si Ipat.

Apabila kamu suka dengan artikel ini kamu dapat share ke teman-teman kamu ya. Terimakasih:)
Tanpa Disadari, 5 Hal ini Menandakan Bullying dalam Dunia Kerja Reviewed by Mohamad Ilfat Bariki on 7/19/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close