Suka Gak Enakan Saat Nagih Hutang? Ini 5 Tips Cermat untuk Menagihnya

Unsplash.com/Thomas Griesbeck
Membantu orang lain yang sedang membutuhkan itu sangat berkah, lho. Selain kamu bisa menjadi pribadi yang baik, pahala yang diberikan untukmu juga sangat berlimpah.

Ketika ada teman atau saudara kamu sedang membutuhkan uang, pasti kita sebagai orang terdekatnya harus membantunya. Kamu bisa pinjamkan uangmu untuk dipakai sementara. Tapi saat kita menagih hutangnya, sering kali orang tersebut entah pura-pura lupa atau memang beneran lupa saat ditagih.

Sebagai manusia terkadang kita punya rasa ‘gak enakan’ ketika menagihnya, entah nanti dikira perhitungan atau takut gak dibayar. Tapi itu hal yang wajar, pasalnya, kita sendiri pun suatu saat nanti juga membutuhkan uang tersebut.

Lalu bagaimana cara menagih uang dengan cara yang efektif dan jenius? Mudah banget, berikut tips menagih hutang yang tak kunjung dikembalikan. Perhatikan baik-baik ,ya!

5 Cara Cermat Menagih Hutang yang Tak Kunjung Dikembalikan

1.    Menyindir dengan cara yang polos

Unsplash.com/Trung Thanh
Menyindir adalah cara tepat untuk mengingatkan seseorang pada sesuatu hal. Misalkan ada teman kamu yang lupa dengan hutang kamu, cobalah untuk sindir dengan cara bijak tanpa harus menjatuhkannya. Misalnya dengan mengatakan “Eh aku ada hutang nggak sih sama kamu? Enggak ya? Oh iya, kayaknya kamu ya yang punya utang sama aku?”

BACA JUGA : Introspeksi! Ini 6 Pemicu Kenapa Gajimu Cuma Numpang Lewat

 

2.    Beritahu kebutuhanmu dengan baik dan sopan

Unsplash.com/Kenan Buhic
Setiap orang pasti punya kebutuhan masing-masing. Apalagi jika ada kebutuhan darurat yang harus segera dipenuhi. Nah, bila ada teman kamu yang sedang punya hutang denganmu dan kamupun juga sangat perlu dengan uangnya. Kamu bisa beritahu kebutuhan yang harus kamu penuhi. Misalnya, kamu ada kebutuhan mendadak seperti bayar rumah sakit atau bayar cicilan. Dengan begitu, mereka akan mengerti dan segera melunasi utangnya.

BACA JUGA : 6 Cara Cermat Mengatur Gaji 1,2,3, Bahkan 100 Juta Untuk Pribadi atau Rumah Tangga

 

3.    Beri tawarann bahwa dia bisa membayarnya dengan cara dicicil

Unsplash.com/Brooke Lark
Mungkin penyebab seseorang yang tak kunjung membayar hutang bisa jadi orang tersebut saat ini sedang dalam kondisi ekonomi keuangan yang buruk. Untuk itu, kamu bisa berikan kemudahan kepada mereka untuk membayar hutangnya dengan cara dicicil. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah membayar hutangnya sedikit demi sedikit. 

BACA JUGA : 7 Aktivitas Ini Bisa Mengubah Dirimu Jadi Pribadi yang Irit dan Hemat!

 

4.    Sering-sering minta bayarin

Unsplash.com/Anna Utochkina
Jika ada orang yang lupa dengan hutangmu, coba untuk perhatikan dan dekati dia untuk melihat situasi dimana dia sedang memiliki uang. Misalnya pas momen gajian, kamu bisa ajak pergi bersama, coba untuk membawa uang seminim mungkin dan minta dia untuk membayar belanjaan kamu. Saat mereka merasa keberatan, kamu bisa menjelaskan bahwa nominal hutangnya akan dipotong otomatis kalau bersedia bayarin belanjaan kamu.

BACA JUGA : Jangan Jadikan Alasan, 8 Tips Bersedekah Meski Gaji Pas-Pasan

 

5.    Beri pujian

Unsplash.com/Anna Vander Stel
Masa mau nagih hutang aja harus dipuji dahulu? Seseorang yang mendapatkan pujian akan bertindak lebih cepat. Dengan begitu kamu bisa menyangjungnya. Misalnya dengan mengatakan bahwa ia adalah seorang yang bijaksana dan tahu bagaimana caranya bertindak dengan adil. Setelah beberapa jam setelah itu, kamu bisa menagih hutangnya karena dengan ia tak membayar utangnya, maka ia akan merasa rasa kagum dan kepercayaan yang sudah dikasih ke dia akan hilang.

BACA JUGA : Pernah Alami Kejadian Ini Gak? Itu Tandanya Kamu Perlu Introspeksi Diri

 

Akhir Kata

Nah, itu dia 5 Tips Cermat Menagih Hutang yang Tak Kunjung Dikembalikan. Gimana guys? Apakah dari tips di atas manjur? Jika belum juga, kamu bisa menagihnya dengan cara dipaksa dan diancam karena itu adalah opsi terakhir. Semoga mereka cepat sadar, ya hehe.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca setia Laptop Si Ipat.

Apabila kamu suka dengan artikel ini kamu dapat share ke teman-teman kamu ya. Terimakasih:)
Suka Gak Enakan Saat Nagih Hutang? Ini 5 Tips Cermat untuk Menagihnya Reviewed by Mohamad Ilfat Bariki on 7/25/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close