Tips Memilih Asuransi Kredit Mobil Bekas

Mobil sekarang bukan lagi barang yang mewah.Lebih cocok masuk ke dalam kebutuhan sekunder. Selain harga yang terjangkau, banyak juga lembga yang menawarkan pembiayaan mobil dengan syarat yang sangat mudah.

Ketika anda memilih untuk membeli mobil bekas dengan pembiayaan secara kredit, anda bukan hanya memikirkan cicilan bulanannya saja yang harus dibayarkan, tetapi anda harus memikirkan untuk bahan bakar, perawatan, dan juga asuransinya.

Pada dasarnya, ketika anda memutuskan kredit mobil melalui lembaga leasing, pihak leasing akan menawarkan asuransi untuk mobil anda. Mereka akan memberikan sebuah simulasi lengkap beserta dengan besaran asuransi yang mereka tawarkan.

Tugas anda adalah mempertimbangkan dan memilih jenis asuransi yang tepat untuk anda gunakan.

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih asuransi untuk kredit mobil anda.

1. Pertimbangkan Kredibilitas

Saat akan mencari sebuah perusahaan asuransi, anda perlu mempertimbangkan kredibilitas perusahaan tersebut. Perusahaan asuransi yang benar-benar ahli dan memiliki reputasi yang baik bisa dilihat dari beberapa hal, seperti:

  • Cara mereka menyelesaikan dan menangani klaim yang diajukan nasabah.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah klaim dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran kepada nasabah.

2. Memilih Jenis Risiko yang Ditanggung

Ada 2 jenis risiko yang ditanggung oleh asuransi untuk kredit mobil, yakni jenis Total Lost Only (TLO) dan jenis All Risk. Jenis Total Lost Only (TLO) ratenya lebih kecil dari All Risk. Bahkan perbandingannya cukup jauh. Untuk rate TLO yaitu 0.8% sedangkan untuk rate All Risk yaitu 1.3% - 3%. Besaran rate ini terhitung dari nilai mobil.

Namun, hal penting yang anda perlu pahami adalah TLO hanya menjamin kerugian apabila mobil anda mengalami kerusakan di atas 75% karena kecelakaan, hilang akibat dicuri, ataupun karena hal lainnya. Sedangkan untuk kerusakan minor tidak ada penggantian. Hal tersebut dikarenkan mobil yang dikreditkan masih berstatus milik asset leasing selama mobil tersebut masih dalam masa kredit.

Dan untuk jenis All Risk, menanggung semua risiko kerugian yang mungkin anda alami karena kecelakaan sekecil apapun.

3. Besar Premi Asuransi yang Harus Dibayarkan

Pertimbangkan untuk memilih asuransi yang tidak membebani keuangan anda dan menjadi masalah baru dalam keuangan anda. Setiap perusahaan asuransi mengenakan tarif premi yang beragam dan sesuai dengan kebijakan perusahaan mereka masing-masing. Namun, hal tersebut tentu saja sudah disesuaikan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Pelajari dan Pilih yang Terbaik

Setelah anda mencari tahu tentang jenis asuransi, besaran premi, dan tata cara untuk mengklaim asuransi tersebut. Ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan, agar anda tidak terbebani untuk cicilan dan juga premi asuransi yang harus dibayarkan.

Demikian tips memilih asuransi kredit mobil baik itu kredit mobil kondisi baru ataupun kredit mobil bekas. Semoga bermanfaat.

Tips Memilih Asuransi Kredit Mobil Bekas Reviewed by Mohamad Ilfat Bariki on 8/08/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close