Waspadai! 5 Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Harus Kamu Perhatikan

maxmanroe.com
Walaupun di era sekarang ini semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya mencari pekerjaan. Tapi jangan mentang-mentang teknologi sudah canggih, kamu terlalu percaya dengan informasi-informasi yang tidak benar.

Di jaman sekarang ini, kamu harus hati-hati dalam mencari informasi lowongan kerja. Pasalnya, banyak sekali kasus penipuan yang menyebabkan pencari kerja dijebak bahkan uangnya di curi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Nah, agar kamu tidak menjadi korban berikutnya, berikut lima ciri ciri lowongan kerja palsu yang wajib kamu waspadai. Perhatikan baik-baik, ya!

5 Ciri - Ciri Lowongan Kerja Penipuan

1.    Informasi lowongan kerja tidak jelas

Unsplash.com/Burst
Pernah gak kalian menemukan informasi lowongan kerja yang tidak sesuai dengan posisinya? Hal ini harus kamu curigai. Selain itu, biasanya perusahaan akan memberikan informasi lowongan kerja melalui website atau media sosial resmi mereka dengan informasi seperti jabatan, kriteria, cara mengirimkan berkas, hingga deadline lowongan kerja.

Oleh karena itu, hindari menanggapi lowongan kerja yang tidak tahu sumber aslinya. Apabila perusahaan memposting di portal job, kamu juga harus cek portal job tersebut. Apakah memang terpecaya atau tidak.


BACA JUGA : 7 Situs Lowongan Kerja Terbaik dan Terpecaya di Indonesia

 

2.    Tidak memiliki identitas jelas

Unsplash/Bruce Mars
Setiap lowongan kerja pasti mencantumkan identitas perusahaan dengan jelas. Seperti nama, nomor telfon, alamat, dll. Apabila kamu menemukan lowongan kerja yang identitasnya tidak benar keberadaanya, kamu bisa abaikan.

Untuk mengatasi penipuan lowongan kerja, kamu bisa riset perusahaan tersebut terlebih dahulu di Google, apabila perusahaan tersebut memang ada dan memiliki website yang sesuai. Maka, dipastikan lowongan kerja tersebut tidak palsu.


BACA JUGA : Gampang Banget, Ini 5 Cara Mencari Pekerjaan Lewat Internet

 

3.    Menggunakan website gratis

Doc.Pribadi
Nah, untuk masalah ini pasti kamu bisa membedakan mana perusahaan yang resmi mana yang tidak. Untuk perusahaan resmi pasti memiliki website berbayar dengan menggunakan domain resmi seperti .co.id, .ac.id, .or.id, .com, dan lain sebagainya.

Sedangkan perusahaan yang bodong akan cenderung menggunakan website gratis yang tidak memiliki domain resmi. Misalnya wordpress.com, blogspot.com, atau blog-blog gratis lainnya.

Tak heran, biasanya pihak penipu akan menghias sedemikian rupa agar lebih meyakinkan targetnya. So, lebih hati-hati ya!


BACA JUGA : 5 Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan Dijaman Now

 

4.    Meminta sejumlah uang

breakingnewsonline.net
Ciri-ciri lowongan kerja palsu selanjutnya yaitu jika kamu diminta sejumlah uang untuk melanjutkan proses rekrutmen, jangan sampai kamu layani! Perlu kamu ingat, setiap perusahaan resmi yang sedang membuka lowongan kerja tidak akan pernah meminta uang sepeser pun.

Jika kamu menemukan lowongan kerja yang meminta uang, sudah dipastikan itu hanyalah modus belaka oleh oknum-oknum penipu.


BACA JUGA : 5 Cara Sukses Agar Diterima di Perusahaan Saham untuk Fresh Graduates

 

5.    Menggunakan email gratis dan nomor telfon biasa

Unsplash.com/Web Hosting
Jika kamu mendapat panggilan kerja melalu email atau telfon, kamu harus perhatikan terlebih dahulu. Pastikan bahwa email yang dikirimkan merupakan email berbayar dan sesuai dengan perusahaanya. Misalnya, rizka@rajajobs.com.

Biasanya oklum penipu membuat lowongan kerja fiktif dengna membuat sebuah email yang memanfaatkan domain gratisan seperti @yahoo, @gmail, @hotmail, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga harus lebih hati-hati lagi jika menemukan panggilan kerja melalui telfon yang menggunakan nomor biasa bukan nomor kantor.




BACA JUGA : 5 Tips Manfaatkan Waktu Luang Saat Kuliah Biar Cepat Dapat Kerja

 

Akhir Kata

Nah, itu dia 5 Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Harus Kamu Waspadai. Yuk, mulai dari sekarang kamu harus lebih hati-hati lagi dalam mencari lowongan kerja. Jangan sampai kamu menjadi korban penipuan yang bisa merugikan diri kamu sendiri. 

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca yang sedang mencari informasi ciri-ciri lowongan kerja palsu | ciri-ciri lowongan kerja penipuan | ciri-ciri lowongan kerja fiktif.

Apabila kamu suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya terima kasih.
Waspadai! 5 Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Harus Kamu Perhatikan Reviewed by Mohamad Ilfat Bariki on 9/04/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close