Dijamin Diangkat Karyawan! Ini 6 Tips Sukses Jalani Magang di Perusahaan

Unsplash.com/Mimi Thian
Kemarin ada yang nanya ke saya, “Mas, worth it nggak sih mencoba magang setelah lulus sekolah atau kuliah? Apakah harus kuliah dulu baru bisa magang?” Baik saya akan jawab. Jadi gini, perusahaan saat ini banyak yang membuka magang bagi siapa saja yang ingin belajar dan mendapatkan pengalaman. Jadi tidak harus menunggu kuliah sampai semester dimana harus melakukan magang. Bagi lulusan SMK atau SMA saja bisa mencoba magang, kok. Saya sendiri saat ini sedang mencoba magang walaupun saya hanya lulusan SMK.

Tapi yang membedakan status kamu di sana adalah kamu pegawai semi full time. Beda halnya yang sudah memiliki kontrak atau karyawan tetap. Pastinya mereka sudah berstatus sebagai full time.

Saat magang, kamu bisa manfaatkan untuk meningkatkan jenjang karier. Selain bisa mendapatkan pengalaman, kamu bisa meningkatkan nilai pada CV dan portofolio kamu. Apalagi kamu masih fresh graduate, kamu bisa menggali potensi lebih jauh.

Semakin banyak pengalaman pada CV dan portofoliomu, semakin mudah juga kamu untuk melamar pekerjaan. Nah, oleh sebab itu, kamu harus menjalankan magangmu dengan serius. Syukur-syukur kamu bisa diangkat karyawan. Berikut Laptop Si Ipat akan memberikan 6 tips sukses jalani magang di perusahaan agar berjalan dengan baik dan lancar. Perhatikan baik-baik, ya!

6 Cara Sukses Jalani Magang di Perusahaan


1.    Anggaplah bahwa dirimu karyawan sesungguhnya, bukan sekedar pembantu!

Unsplash.com/Hunters Race
Walaupun sebagai anak magang, wajar saja jika kamu selalu disuruh-suruh dalam menjalani pekerjaan. Kamu harus bisa menerimanya dan menjalankannya dengan baik. Anggap saja kamu sedang membantu rekan kerjamu. Lagi pula, semakin banyaknya pekerjaan yang kamu kerjakan, semakin terasah juga kemampuanmu.

Buatlah perusahaan percaya bahwa kamu adalah orang yang antuasias dan berkualitas untuk membantu mereka. Kamu bisa tunjukkan semua hal itu dengan datang tepat waktu, bersikap sopan, selalu tepat mengumpulkan tugas, serta berpakaian dengan rapi. Semua itu menunjukkan bahwa kamu serius untuk bekerja di perusahaan tersebut.


BACA JUGA : Lakukan 5 Hal Ini Biar Sukses di Hari Pertama Bekerja!

 

2.    Kerjakan semua tugas yang diberikan dengan maksimal dan jangan mengeluh!

Unsplash.com/Bonneval Sebastien
Gimana kamu mau diangkat karyawan, kalau kamu saja bekerja semaunya. Ingat, untuk menjadi karyawan tetap, kamu harus selalu berusaha untuk memberikan sesuatu yang terbaik untuk perusahaan.

Jika kamu dikasih tugas, lakukan saja dengan maksimal. Jangan pernah mengeluh bahkan menolak pekerjaan itu. Walaupun menurutmu itu susah, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu dan sambil kamu mempelajari lebih dalam agar nantinya hal itu bisa menjadi keahlian tambahan bagimu. Tidak ada kata susah di dunia ini asalkan kamu mau berusaha. Semangat, guys!


BACA JUGA : 7 Tips Agar Lebih Produktif Di Tempat Kerja

 

3.    Jangan lupa untuk selalu meminta saran dan kritik kinerjamu kepada atasan atau rekan kerjamu

Unsplash.com/NeONBRAND
Tidak ada salahnya meminta saran atau kritik kepada atasan atau rekan kerjamu. Malahan dengan begitu, kamu bisa tahu mana kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Jika kamu di kritik, jangan pernah baper! Ingat, masukan kritikan itu ke otak bukan ke hati. Biarlah otakmu yang berpikir bagaimana caranya kamu bisa memperbaiki semua yang kurang pada diri kamu. Tugas kamu hanya memperbaiki, biarlah orang lain yang menilai.

Saran dan kritik akan membantumu untuk membangun diri menjadi lebih baik lagi. So, jangan pernah sungkan untuk meminta masukan, ya!


BACA JUGA : 4 Karakter Karyawan yang Akan Kamu Temui di Tempat Kerja Baru

 

4.    Hindari pengguna media sosial yang berlebihan. Terkecuali, memang ini pekerjaanmu

Unsplash.com/Alvaro Reyes
Terlalu berlebihan bermain media sosial akan mengganggu produktivitas kerjamu. Selain itu, kamu bisa dicap sebagai pribadi yang tidak profesional. Usakan untuk menjauhkan gawai saat sedang fokus bekerja.

Kalau kamu sudah menyelesaikan pekerjaan, barulah boleh mengecek media sosialmu. Namun, jangan kelamaan! Sebaiknya, kamu meminta pekerjaan baru agar atasan menilaimu sebagai pribadi yang produktif. Kalau memang pekerjaanmu bagus, ada kemungkinan besar kamu akan diangkat menjadi karyawan.


BACA JUGA : Mudah Sekali, 5 Tips Manfaatkan Media Sosial untuk Cari Kerja

 

5.    Berbaurlah dengan karyawan lainnya agar memiliki relasi yang luas dan baik

Unsplash.com/Brooke Cagle
Jangan malu bahkan segan untuk bergabung ketika karyawan sedang sharing-sharing atau bercanda. Bukalah dirimu seluas mungkin di lingkungan kerja. Semakin luas kamu berbaur, semakin banyak relasi yang kamu dapatkan. Siapa tahu dengan kamu memiliki banyak teman di sana, kamu bisa di rekomendasi temanmu untuk diangkat menjadi karyawan tetap.

BACA JUGA : 5 Tips Mudah Ciptakan Hubungan Baik Dengan Teman Sekantor

 

6.    Terakhir, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada atasan atas bimbingannya

Unsplash.com/Sebastian Herrmann
Kalau memang rejeki kamu belum di sana dan kamu belum bisa diangkat karyawan, tetaplah bersikap baik. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada atasan atau karyawan lainnya karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman di sana. Mungkin tanpa adanya magang, kamu tidak mengetahui seluk beluk dunia kerja. 

BACA JUGA : Jangan Malas! 8 Tips Jitu Supaya Kamu Terus Semangat Menjalani Pekerjaan

 

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa tips sukses jalani magang di perusahaan agar berjalan dengan baik. Gimana guys? Sudah siap mencoba magang? Jangan lupa untuk menerapkan tips di atas, ya. Semoga berhasil! 

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca 
setia Laptop Si Ipat.

Apabila kamu suka dengan artikel ini, kalian dapat share ke teman-teman kalian dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya. Terima kasih:)
Dijamin Diangkat Karyawan! Ini 6 Tips Sukses Jalani Magang di Perusahaan Reviewed by Mohamad Ilfat Bariki on 10/03/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close