5 Cara Menulis Artikel Travel Blog ala Mirwan Choky

Source : mirwans.com
Sejak beberapa tahun terakhir, traveling menjadi sesuatu yang trendy bagi sebagian besar anak milenial. Apa lagi hal ini didukung dengan teknologi yang semakin canggih dimana setiap melakukan akitifitas traveling, para traveller mengambil foto terbaiknya hanya dengan smartphone dan kemudian di unggah ke media sosial dan berbagai cerita perjalanan di blog. Berbagi cerita tentang traveling merupakan suatu hal yang luar biasa karena kemampuan bercerita baik secara lisan maupun tulisan sesungguhnya hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang. Dan orang ini lah yang disebut Travel Blogger.

Travel blogger merupakan sebuah sebutkan bagi orang yang nulis di blog dengan teman traveling. Untuk menjadi seorang travel blogger, anda diharapkan untuk menceritakan setiap detail tempat yang anda kunjungi, baik itu dari segi pemandangan, kuliner khas, budaya, bahasa dan beberapa hal yang pendukung lainnya. Selain itu, travel blogger juga di harapkan untuk berbagi tips seperti bagaimana cara traveling hemat, bagaimana cara memilih tempat-tempat menarik buat dikunjungi, yang tentunya bisa membantu para pembaca ketika mereka ingin melakukan hal yang sama.

Memang, bagi yang sudah terbiasa menulis, biasanya mereka memiliki cara dan ciri khas tersendiri dalam menulis blog. Tapi bagi yang belum terbiasa, bercerita pengalaman travelling dalam bentuk tulisan merupakan suatu hal yang sangat berat. Oleh karena itu, saya akan berbagi tips sedikit tentang bagaimana cara menulis artikel travel blog. Tips ini saya dapatkan dari Mirwan Choky, salah satu travel blogger Indonesia yang sudah sering traveling kemana-mana bahkan keluar negeri. Nama beliau sudah selalu dibahas di beberapa media dan postingan blogger lain terkait dengan pengalaman, penulisan dan tampilan blognya. Bahkan untuk tahun ini, beliau menjadi salah satu blogger terbaik Indonesia versi Voucher.co.id.

Oke, langsung saja, berikut ini adalah Cara Menulis Artikel Travel Blog ala Mirwan Choky

1. Kunjungi tempat wisata

Jika ingin menulis tentang suatu daerah, maka kunjungi lah terlebih dahulu daerah tersebut. Percaya atau enggak, mengunjungi suatu daerah atau tempat wisata bisa bikin kita lebih mudah menulis tentang wisata tersebut ketimbang kita duduk di rumah dan bikin narasi tentang wisata yang belum pernah kita kunjungi.

2. Buat Kerangka Tulisan

Jika anda bingung harus mulai dari mana untuk memulai tulisan, maka buatlah kerangkat tulisan. Kerangka tulisan bisa membantu anda menulis secara terstruktur. Kerangka tulisan yang sering di pakai Mirwan Choky untuk memulai tulisan adalah sebegai berikut :

- Judul
- Basa-basi
- Deskripsi tempat wisata
- Apa saja yang bisa dilakukan dan dinikmati di tempat wisata
- Jika ada sejarahnya, maka tulislah asal-usul tempat wisata tersebut
- Akomodasi apa yang tersedia di tempat wisata
- Alamat atau Rute menuju tempat wisata
- Harga Tiket baik itu harga tiket masuk, biaya parkir, biaya wahana dll.
- Ajakan kepada pembaca untuk berkunjung

3. Menulislah seperti ngomong dengan teman

Cara agar lancar menulis adalah dengan menulis seperti kita ngomong sama teman yang mana diselingi dengan candaan dan gak serius mulu. Menulis dengan kalimat serius dari awal sampai akhir memang membosankan, membosankan bagi penulis dan apa lagi bagi para pembaca. Menulis gak serius mulu bukan berarti menulis sembarangan ya, tapi yang ditulis tetap sesuai dengan topik dan informasi yang fakta.

4. Tambahkan Ciri Khas

Saat ini ada ribuan blog yang bisa kita jumpai di internet. Dari ribuan blog tersebut, bagaimana cara agar blog kita muncul di permukaan? Selain jawabnya mengoptimasi SEO, jawaban lainnya adalah Ciri Khas. Ciri Khas ini ibarat roh nya blog kita. Tanpa ciri khas, blog kita akan tenggelam di antara ribuan blog yang ada di Internet. Ada banyak ide yang bisa dijadikan ciri khas blog kita, misalnya tampilan postingan blog yang full colour seperti blog Mirwan Choky, atau sebuah kata yang orang lain gak pernah memakainya. Di Blog Mirwan Choky, beliau memakai kata “Mirwaners” diawal tulisan blog yang mana hal ini bisa dijadikan ciri khas. Ini hanya contoh.  Anda bisa kok cari ide lain untuk dijadikan ciri khas blog anda.  

5. Baca Ulang

Jika tulisan anda sudah selesai, jangan segera di publish. Baca ulang tulisan anda, hal ini berguna untuk memeriksa typo, kesalahan informasi dan juga untuk menemukan kalimat atau kata-kata yang membuat tulisan anda membingungkan. Anda pasti tidak mau kan kalau pembaca setia anda bingung dengan tulisan anda? Jadi, lebih baik diperiksa terlebih dahulu sebelum di publish.

Jadi, itulah 5 tips menulis artikel travel blog dari Mirwan Choky. Bagi anda yang baru memulai menulis tentang travelling, semoga artikel ini membantu. Satu hal yang perlu diingat, menulis artikel tentang traveling tidak harus muthlak seperti yang saya sebutkan diatas. Anda mungkin saja memiliki cara tersendiri untuk menulis artikel travel, jadi anda bisa kombinasikan cara anda menulis dengan tips-tips diatas. Sesungguhnya setiap orang memang memiliki cara tersendiri untuk berkarya.

5 Cara Menulis Artikel Travel Blog ala Mirwan Choky Reviewed by Mohamad Ilfat Bariki on 11/09/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close