Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Menyesal


tips membeli laptop bekas

Membeli laptop bekas atau second menjadi jalan alternatif bagi yang ingin memiliki laptop namun dengan budget yang terbatas. Laptop bekas masih banyak dijumpai dan dicari di pasaran, baik membeli laptop bekas secara langsung maupun melalui online shop. Namun tentu saja Anda harus lebih teliti lagi ketika ingin membeli laptop bekas, karena kondisinya tentu saja berbeda dengan laptop baru.

Namanya laptop bekas, tentu saja performanya sudah tidak seperti laptop baru yang masih joss. Belum lagi terkadang ada kerusakan pada fisik laptop atau bahkan software-nya sudah tidak bekerja secara maksimal. Nah maka dari itu, sangat perlu memperhatikan langkah-langkah berikut ketika Anda ingin membeli laptop bekas di pasaran.

Cek Fungsi Setiap Bagian Laptop

Secara fisik, kondisi laptop bekas mungkin tidak semulus seperti laptop baru. Selain itu, Anda juga wajib mengecek fungsi setiap bagian laptop, mulai dari port USB apakah masih berfungsi, cek juga DVD-ROM (jika tersedia), keyboard, webcam, layar berfungsi dengan baik, speaker-nya dan port earphone atau headset. Cek juga bagian memory atau hard disk pada laptop.

Kondisi Baterai dan Charger

Mungkin keluhan paling banyak saat membeli laptop bekas adalah kondisi baterai yang sudah mulai ngedrop. Maka sebaiknya Anda teliti untuk mengecek kondisi baterainya. Apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah ngedrop parah. Selain itu pastikan kondisi charger dalam keadaan berfungsi normal, seperti tidak ada kabel yang terkelupas atau terlipat (patah). Anda bisa mengecek laptop dengan cara men-charge-nya terlebih dulu sebelum membelinya.


Periksa Kondisi Layar

Layar merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah laptop. Jika layar mengalami kerusakan, tentu biaya perbaikan maupun mengganti layar baru cukup mahal. Cara mengeceknya, Anda bisa mengganti wallpaper dengan warna hitam polos, lalu coba perhatikan apakah ada warna lain selain warna hitam. Lalu coba ganti lagi dengan warna putih polos dan perhatikan baik-baik.

Cek Harga Pasaran

Agar tidak tertipu saat membeli laptop bekas, sebaiknya Anda memeriksa harga laptop yang ingin dibeli di pasaran. Sehingga Anda mendapatkan harga yang sesuai. Biasanya harga laptop bekas turun sekitar 20 persen – 40 persen, tergantung kondisi dan lama pemakaiannya.

Cek Virus

Pastikan laptop bekas yang ingin dibeli bebas dari virus. Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan software antivirus yang terinstall di laptop tersebut. Atau bisa juga Anda menginstall antivirus andalan Anda di laptop tersebut.

Periksa Garansi

Biasanya rata-rata garansi yang diberikan untuk laptop hanya satu atau dua tahun. Jadi kalau bisa, sebaiknya Anda membeli laptop bekas yang masih ada garansinya minimal dua tahun, agar jika ada kerusakan, Anda bisa mencoba membawanya ke service center untuk diperbaiki. Kan setidaknya Anda masih bisa menikmati laptop bekas dalam masa garansi.

Utamakan COD (Cash on Delivery)

Agar sama-sama enak, sebaiknya Anda bisa melakukan transaksi secara langsung dengan pembeli atau COD. Perhatikan kondisinya, utamakan COD di tempat yang ramai. Kalau Anda kurang mengerti soal laptop, Anda bisa mengajak teman yang pahamable soal laptop saat COD. Hal ini tentu saja untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi.

Jangan Lupa, Struk Pembelian Laptop

Dengan melihat struk pembelian laptop bekas, maka Anda bisa mengetahui berapa lama jangka waktu pemakaian laptop tersebut. Penjual juga tidak bisa berbohong mengenai jangka waktu pemakaian, karena semuanya sudah tertulis di dalam kuitansi pembelian.

Demikian artikel tentang kiat atau tips membeli laptop bekas yang bisa kami share. Semoga bisa bermanfaat khususnya bagi Anda yang memang sedang mencari laptop bekas untuk kebutuhan sehari-hari.




Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Menyesal Reviewed by Mohamad Ilfat Bariki on 11/05/2019 Rating: 5

1 komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close