Apa itu Firma Hukum? Berikut tentang Firma Hukum di Indonesia

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang firma hukum sebelumnya? Beberapa orang lain juga menyebut dengan istilah law firm. Mungkin tak begitu familiar, karena istilah ini kebanyakan diketahui di kalangan praktisi bidang hukum atau orang-orang yang bekerja di dalamnya.
Sebagian menganggap hal ini sama dengan kantor advokat, kantor pengacara, kantor hukum atau sejenisnya. Wajar karena memang bidangnya masih meliputi hal-hal seputar hukum. Tapi sebenarnya penyebutan paling tepat bisa diberikan jika sudah disesuaikan dengan status dari tempat atau lembaga tersebut.
 

Apa itu Firma Hukum?

Mungkin istilah yang lebih familiar adalah firma usaha, sebutan untuk persekutuan usaha yang dijalankan oleh lebih dari satu orang. Memang sebenarnya prinsip dari firma hukum masih sama. Hanya perbedaannya untuk firma yang kita bahas disini bidangnya lebih spesifik di ranah hukum, bukan usaha seperti umumnya.
Jadi sederhananya Anda bisa pahami, bahwa firma hukum adalah persekutuan usaha yang dijalankan oleh lebih dari satu orang, yang secara spesifik dijalankan dalam bidang hukum. Seperti contohnya yang sudah dipaparkan di awal, kantor advokat, kantor hukum, kantor pengacara dan seterusnya.

Syarat Pendirian

Dari istilah firma yang digunakan, membuat firma hukum terikat aturan yang sama seperti halnya firma usaha umumnya. Ketika beberapa expert di bidang hukum ingin mendirikannya, maka mereka harus mampu memenuhi beberapa persyaratan berikut :
  • Pendirian dilakukan dengan akta tertulis yang otentik dan dibuat dengan sepengetahuan notaris 
  • Akta itu kemudian harus didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri di daerah kantor firma hukum akan berdomisili
  • Setelah akta tersebut sudah terdaftar, maka diumumkan bersama akta dari firma hukum lainnya dalam Berita Negara
  • Secara umum, hal itu hampir sama dengan pendirian firma usaha umumnya, menggunakan ketentuan dalam Kitab Undang-undang Hukum Dagang (KUHD) pasal 16. Hal itu juga harus memenuhi persyaratan sesuai Undang-undang Advokat Nomor 18 tahun 2013, dimana orientasinya diarahkan pada urusan terkait eksistensi pelaksanaan profesi advokat.

 

Single dan Partnership Law Firm

Mungkin agak menggelitik, dimana ada istilah ‘single’ untuk bentuk firma hukum. Padahal dari makna aslinya firma merujuk pada persekutuan yang didirikan oleh beberapa orang. Tapi memang dalam realitasnya Anda bisa menemui istilah tersebut, berikut penjelasannya :

 

Single atau Solo Law Firm

Bentuk firma hukum satu ini memang dikelola secara mandiri oleh pendirinya yang seorang saja. Sehingga otomatis seluruh kebutuhan akan ditanggung secara pribadi oleh orang tersebut. Tinggal nantinya dalam pelaksanaan ia bisa dibantu oleh beberapa orang pegawai ketika diperlukan.

 

Partnership Law Firm 


Sedangkan untuk jenis ini, jelas dimaksudkan untuk firma hukum yang didirikan oleh beberapa orang yang memang berkompeten di bidangnya. Jadi otomatis seluruh beban mulai dari pendirian hingga pengelolaan usaha akan ditanggung oleh beberapa orang yang terlibat. 

Salah satu Firma Hukum yang memiliki pengalaman dan kualitas SDM ( Sumber daya Manusia) yang mumpuni adalah DSLA Law Firm, DSLA Law Firm merupakan firma hukum terbaik yang ada di indonesia.  Simak lebih lengkap mengenai area practice dari DSLA melalui tautan berikut ini https://www.dslalawfirm.com/legal-services/
 
Jadi itulah beberapa ulasan tentang firma hukum di Indonesia, mulai dari pengertian hingga jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat!

Apa itu Firma Hukum? Berikut tentang Firma Hukum di Indonesia Reviewed by Mohamad Ilfat Bariki on 12/03/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close